BLACKPINK Terima Sertifikat BRIT UK untuk Single Kiss and Make Up

Oleh: Syarifah Aini - 21 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
BLACKPINK jadi Group Kpop pertama yang berhasil meraih sertifikat BRIT United Kingdom untuk kategori single lagu.
tirto.id - BLACKPINK berhasil menjadi Group Kpop pertama yang berhasil meraih sertifikat BRIT United Kingdom untuk kategori single lagu.

Prestasi tersebut berhasil diraih pelantun lagu "Kill This Love" tersebut melalui karya popular mereka feat penyanyi ternama asal London yaitu Dua Lipa bertajuk “Kiss and Make Up” yang dirilis pada 23 Oktober 2018 lalu.

Kabar tersebut dibagikan langsung oleh BRIT Awards melalui akun twitter resminya yaitu @BRITs pada Jumat (20/9/2019) pukul 21.15 waktu setempat. Melalui akun media sosial tersebut, BRIT membagikan sebuah poster dengan foto Dua Lipa bertuliskan “Silver Single, BRIT Certified”.

Sementara itu, pada bagian caption, BRIT menuliskan, “Mempersembahkan kepada kalian sebuah semangat yang luar biasa dari perempuan-perempuan hebat, @DUALIPA dan @ygofficialblink's karena “Kiss and Make Up” kini telah meraih #BRITcertified Silver!”

Selain informasi tersebut, sehari setelahnya tepatnya pada Sabtu (21/9/2019), Soompi merilis informasi tambahan mengenai prestasi dari girl group beranggotakan Lisa, Jennie, Rose, dan juga Jiso ini.

Prestasi tersebut diberikan oleh Bristish Phonograpic Industry (BPI) United Kingdom (UK) kepada BLACKPINK dan Dua Lipa atas keberhasilan mereka meraih penjualan single lagu “Kiss and Make Up” sebesar 200,000 unit.

Dengan ini, maka saat ini BLACKPINK dinobatkan sebagai Group Kpop pertama yang berhasil meraih sertifikat Silver BRIT kategori single lagu.

Selain BLACKPINK, artis Korea yang berhasil meraih sertifikat Silver BRIT adalah boy group BTS yang beranggotakan RM, Jin, Jungkook, V, Jimin, Suga, serta J-Hope. Namun bedanya boy group asuhan Big Hit Entertainment tersebut berhasil meraih sertifikat Silver BRIT untuk kategori karya album sementara BLACKPINK berhasil meraih sertifikat Silver BRIT untuk kategori single lagu.

Karya album BTS yang berhasil meraih sertifikat Silver BRIT dari UK diantaranya album “Love Yourself: Answer” yang berhasil mereka raih pada 31 Mei 2019 lalu, serta album “Map of The Soul: Persona” yang berhasil mereka dapatkan pada 28 Juni 2019 kemarin.


Jika sertifikat Silver BRIT UK untuk kategori single lagu diberikan kepada musisi dunia yang berhasil menjual setidaknya sebanyak 200.000 unit di United Kingdom, maka sertifikat Silver BRIT untuk kategori album diberikan kepada musisi dunia yang telah berhasil menjual karya album mereka setidaknya sebanyak 60.000 keping album.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Syarifah Aini
Penulis: Syarifah Aini
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight