BLACKPINK Masuk Daftar "TIME 100 Next 2019" Versi Majalah Time

Oleh: Maria Ulfa - 14 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
BLACKPINK dari YG Entertainment masuk daftar TIME 100 Next 2019.
tirto.id - BLACKPINK terpilih sebagai salah satu figur berpengaruh yang masuk dalam daftar Time 100 Next tahun 2019 yang dipilih oleh majalah Time. Hal tersebut diumumkan oleh majalah Time melalui laman resmi mereka pada Rabu (13/11/2019) waktu setempat.

TIME 100 Next merupakan daftar 100 bintang yang sedang naik daun dan akan "membentuk masa depan" dalam bidang bisnis, hiburan, olahraga, politik, ilmu pengetahuan, dan masih banyak lagi. Daftar ini berdasarkan majalah TIME 100 yang terkenal sebagai majalah yang memuat daftar orang-orang paling berpengaruh di seluruh dunia.

Sementara ke-100 tokoh yang terpilih sebagai TIME 100 Next dibagi dalam sejumlah kategori, seperti seniman (artists), advokat (advocates), pemimpin (leaders), fenomena (phenoms), dan inovator (innovators).

BLACKPINK masuk pada tokoh berpengaruh untuk kategori fenomena. BLACKPINK berada dalam daftar tersebut bersama sejumlah tokoh lainnya, seperti Zion Williamson, Alysa Liu, Lil Nas X, hingga Bobi Wine.

Alasan BLACKPINK dipilih sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh adalah salah satunya karena grup ini kariernya kemungkinan akan terus berkembang di Amerika Serikat (AS). Selain itu, BLACKPINK berhasil menguasai YouTube, dan mereka juga merupakan girl group K-Pop pertama yang diundang untuk tampil di festival Coachella.

“BLACKPINK mungkin akan terus naik dipasar Amerika Serikat, tetapi di YouTube, mereka berkuasa. Jisoo, Jennie, Rose dan Lisa memiliki 31 juta pelanggan [YouTube], lebih banyak dari dari grup musik lain di dunia,” ujar Kat Moon, seperti dikutip dari laman resmi Time.

Kat Moon juga menambahkan, “Tahun ini, BLACKPINK juga menjadi girl group K-pop pertama yang tampil di Coachella, menghadirkan era baru dari artis Korea yang melangkah melewati hambatan bahasa di masa lalu untuk tampil di pentas global.”

Kat Moon juga menjelaskan bahwa kesuksesan BLACKPINK didukung oleh penggemar mereka, Blinks hingga music video (MV) “DDU-DU DDU-DU” mencapai 1 miliar views. Selain itu, tujuan BLACKPINK sendiri adalah membuat musik yang bisa membantu pendengar mereka mendapatkan kepercayaan diri dan keberanian.

Pada April 2019 lalu, BLACKPINK juga masuk dalam daftar 30 Under 30 Asia versi majalah Forbes. Daftar tersebut menampilkan 300 pengusaha muda, inovator, pekerja seni di seluruh Asia yang menantang kebijaksanaan konvensional dan menulis ulang aturan untuk generasi berikutnya, mereka memiliki usia di bawah 30 tahun.

Forbes 30 Under 30 Asia Class of 2019 mencakup kepada 30 penerima penghargaan untuk 10 kategori. Kategori-ketgori tersebut merupakan Seni (seni & gaya, makanan, dan minuman), Hiburan & Olahraga, Keuangan & Modal Ventura, dan Pemasaran & Periklanan, dan lain sebagainya.

Di antara 30 orang tersebut, BLACKPINK menerima penghargaan sebagai inovator di bidang Hiburan & Olahraga (Entertainment & Sports). Menurut Forbes, BLACKPINK dengan cepat menjadi girl group K-Pop dengan chart tertinggi sepanjang masa di Hot Billboard 100 sejak grup ini debut pada 2016 lalu.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yantina Debora
DarkLight