BLACKPINK "BOOMBAYAH" MV Kpop Debut Pertama Raih 700 Juta Views

Oleh: Syarifah Aini - 12 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Video musik BOOMBAYAH milik BLACKPINK berhasil tembus 700 juta penayangan di YouTube.
tirto.id - MV debut milik girl group BLACKPINK bertajuk “BOOMBAYAH” telah berhasil menyentuh 700 juta penayangan di YouTube pada Rabu (11/9/2019).

Dilansir dari Soompi, capaian tersebut berhasil diraih BLACKPINK pada pukul 19.00 KST.

Atas capaiannya tersebut, maka BLACKPINK menjadi artis Kpop pertama yang berhasil meraih jumlah penayangan 700 juta kali atas MV debut mereka.

MV “BOOMBAYAH” sendiri pertama kali dirilis pada 8 Agustus 2016 lalu sebagai penanda dari debut perdana BLACKPINK di industri musik Korea.

Sejak dirilis selama kurang lebih 3 tahun 1 bulan, kini MV tersebut telah mencapai lebih dari 700 juta penayangan.

Jika dihitung secara sederhana, maka setiap harinya diperkirakan MV tersebut telah ditonton lebih dari 630 ribu kali di YouTube.

Girl group beranggotakan Jiso, Lisa, Jennie, dan Rose ini pertama kali debut di bawah naungan YG Entertainment dengan membawa image baddas dan juga swag khas YG.

Sejak mereka belum resmi debut, junior dari BIGBANG, WINNER, dan juga iKON ini memang telah lama digadang-gadang akan menjadi the next “2NE1”, girl group satu-satunya dari YG sebelum BLACKPINK debut yang sayangnya kini telah dibubarkan.

Dan benar saja, sesaat setelah debut, BLACKPINK memang menjadi salah satu girl group popular di Korea Selatan.

Kepopuleran mereka dapat diukur dari jumlah pengikut mereka di akun sosial media baik instagram ataupun YouTube.

Untuk akun instagram, keempat personel girl group tersebut bahkan memiliki followers masing-masing lebih dari 17 juta pengikut.

Salah satu personelnya, yaitu Lisa bahkan menjadi artis Kpop dengan jumlah followers terbanyak di Korea dengan jumlah followers hari ini terhitung sebanyak lebih dari 24 juta followers.

Tak hanya itu, MV dari lagu-lagu mereka di YouTube bahkan telah berhasil menarik jumlah penonton yang fantastis yaitu ratusan juta kali penayangan.

Beberapa video musik mereka bahkan telah berhasil disandingkan dengan jajaran MV dari idol ternama Korea seperti PSY dan juga BTS.

Beberapa video tersebut diantaranya MV dari lagu “Whistle dan Playing With Fire” yang meraih lebih dari 418 juta penayangan, MV “Kill This Love” yang mencapai lebih dari 580 juta penayangan, MV “As if It’s Your Last” dengan jumlah lebih dari 670 juta kali penayangan, hingga yang terakhir, MV “DDU-DDU-DDU-DDU” yang telah menyentuh angka lebih dari 570 juta penayangan.

Terakhir, baru-baru ini BLACKPINK bahkan didapuk menjadi idol group pertama di dunia dengan jumlah subscribers terbanyak sejumlah 29,97 juta mengalahkan idol barat ternama yaitu One Direction.

Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Syarifah Aini
Penulis: Syarifah Aini
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight