Black Panther akan Pindah Tayang dari Netflix ke Disney

Oleh: Sirojul Khafid - 21 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Film "Black Panther" akan meninggalkan Netflix dan hanya menunggu waktu untuk pindah tayang di layanan streaming Disney+.
tirto.id - Film Marvel Cinematic Universe (MCU) Black Panther akan meninggalkan penayangannya di layanan streaming Netflix pada 3 Maret 2020 mendatang, seperti diwartakan Collider.

Dilansir dari Cinemablend, film naungan studio produksi Disney ini hanya menunggu waktu untuk pindah tayang di layanan streaming Disney+. Sampai saat ini, hanya lima film MCU yang belum tayang di Disney+ yaitu The Incredible Hulk, Spider-Man: Homecoming, Avengers: Infinity War, Ant-Man and the Wasp dan Spider-Man: Far From Home.

Sementara Infinity War dan Ant-Man 2 masih perlu menghabiskan waktu yang lebih lama di Netflix. Namun, dua film tersebut akan segera tayang di Disney+ pada musim panas ini. Sementara tiga film lain masih belum jelas akan tayang di Disney+ atau tidak. Sebab, ada kerja sama dengan studio produksi lain dalam pengerjaannya (Hulk dengan Universal dan Spider-Man dengan Sony).

Walaupun Disney mengambil film-filmnya di Netflix, bukan berarti kerja sama mereka telah berakhir secara permanen. Film-film Disney yang rilis antara Januari 2016 dan Desember 2018 akan kembali lagi ke Netflix pada 2026. Jadi film seperti Black Panther, akan berada di Disney+ selama enam tahun ke depan, dan kemudian akan kembali lagi ke Netflix.

Dalam penayangannya di bioskop-bioskop, film MCU merupakan film yang populer dan mayoritas sukses dalam hal finansial. Black Panther misalnya, dilansir dari Box Office Mojo, selama penayangannya dalam rentang 16 Februari sampai 9 Agustus 2018, secara keseluruhan di dunia, film tersebut mendapat 1,3 miliar dolar Amerika Serikat (AS). Sejumlah 646 juta dolar AS merupakan pendapat secara internasional.

Black Panther juga merupakan film superhero MCU pertama yang mendapat penghargaan Oscar. Film ini mendapat tiga penghargaan dalam kategori Best Costume Design, Best Production Design dan Best Original Score.

Sinopsis Black Panther

Raja Wakanda, T’Chaka (John Kani) baru saja meninggal. Hal itu membuat anaknya, T’Challa (Chadwick Boseman) merasa sangat sedih. Namun, dia memutuskan untuk meneruskan perjuangan sang ayah sebagai raja.

Ketika Wakanda berada dalam ancaman dua musuh berbahaya yang dapat mengancam keselamatan negara, Black Panther berusaha membuktikan diri sebagai raja sejati Wakanda. Perjuangan menjadi semakin berat karena salah satu penentang merupakan kelompok internal Wakanda.

Black Panther merupakan karya Ryan Coogler dengan Joe Robert Cole membantu dalam hal penulisan naskah. Para pemain yang bergabung di antaranya Chadwick Boseman, Michael B. Jordan, Lupita Nyong'o, Danai Gurira, Martin Freeman, dan Daniel Kaluuya.


Baca juga artikel terkait BLACK PANTHER atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight