Menuju konten utama

Black Friday & Cara Menarik Pelanggan Untuk Berbelanja

Trik penting untuk membantu peritel online untuk menyambut pesta belanja online Black Friday

Black Friday & Cara Menarik Pelanggan Untuk Berbelanja
Ilustrasi Black Friday. FOTO/iStock

tirto.id - Salah satu pesta belanja online yang cukup populer adalah Black Friday. Tahun ini, Black Friday jatuh pada tanggal 29 November 2019. Black Friday adalah agenda tahunan yang ditunggu-tunggu oleh para pemburu diskon.

Kenapa bisa diistilahkan Black Friday?

Disebut Black Friday atau Jumat Hitam karena pada hari itu biasanya neraca pembukuan mereka berubah dari warna merah (merugi) menjadi hitam (untung).

Sebagian besar toko sudah buka sejak pagi hari (biasanya sejak jam 05.00 pagi), dan menjual barang dengan sistem obral rugi / cuci gudang agar pembeli mau datang.

Di Amerika, mall dan toko-toko besar biasanya penuh dengan orang yang mengantri untuk membeli barang sejak Kamis sore.

CupoNation Indonesia merangkum beberapa trik penting untuk membantu peritel online untuk menyambut pesta belanja online Black Friday untuk mengundang lebih banyak pelanggan.

- Membuat landing page khusus Black Friday

Pastikan pelanggan anda mengetahui tentang promosi Black Friday melalui banner di halaman website. Selanjutnya, buat landing page khusus untuk mempromosikan produk dan promo yang akan ditawarkan saat Black Friday. Ini akan meningkatkan navigasi situs website dan mengarahkan pengunjung langsung ke penawaran produk terkait Black Friday.

- Buat panduan artikel tentang penawaran produk khusus Black Friday

Tulis artikel menarik menyangkut tips dan guideline bagi para pelanggan agar dapat memanfaatkan promo diskon secara maksimal. Berikan gambaran produk apa saja yang paling dicari pada saat Black Friday dan produk yang memiliki value tinggi. Dalam skala jangka panjang, aktivitas pengguna di halaman itu akan mengirimkan sinyal positif ke Google dan meningkatkan peringkat SEO.

- Selenggarakan kontes Black Friday dengan menawarkan hadiah yang tersedia di toko Anda

Semua orang suka kontes. Dengan menyelenggarakan kontes sebagai salah satu kampanye marketing akan membantu untuk membangun citra merek yang positif dan serta kesadaran merek. Anda juga dapat mengejutkan pelanggan yang tidak memenangkan hadiah pertama dengan memberikan kode diskon pada produk yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

- Gunakan kode promo untuk menarik savvy shopper.

Kode diskon akan membuka peluang anda untuk menarik para savvy shopper yang kerap melakukan cek harga sebelum membeli. Kode promo mampu menahan para pembeli cerdas untuk tidak berbelanja di toko pesaing anda, kecuali produk yang dicari tidak tersedia.

- Tawarkan pengiriman gratis.

Pengiriman gratis adalah layanan penting bagi sebagian besar komunitas belanja online. Dengan memberikan pengiriman gratis akan mendorong para pelanggan untuk lebih memilih toko anda sebagai pilihan yang tepat untuk berbelanja.

- Aktif dan terus berinteraksi dengan pelanggan melalui sosial media.

Sosial media adalah jalan yang paling mudah untuk terhubung dengan pelanggan. Jangan lupa untuk mempromosikan penawaran Black Friday yang hebat di Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dan Google+. Posting informasi tentang penawaran Anda sekali atau dua kali per hari tergantung pada jumlah pengikut Anda. Jika Anda cukup kreatif, coba cara unik untuk menjadi viral di media sosial. Buat tagar dan meme khusus atau dorong pengikut Anda untuk berbagi informasi tentang kontes Black Friday.

Baca juga artikel terkait HARBOLNAS atau tulisan lainnya dari Yulaika Ramadhani

tirto.id - Gaya hidup
Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH