BKN: Jadwal Pendaftaran CPNS 2019 Dibuka Usai Pelantikan Kabinet

Oleh: Yulaika Ramadhani - 23 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
CPNS 2019 akan dibuka usai pelantikan Presiden Joko Widodo beserta kabinet barunya.
tirto.id - Jadwal pendaftaran CPNS atau calon pegawai negeri sipil 2019 akan dibuka usai pelantikan Presiden Joko Widodo beserta kabinet barunya.

Soal rekrutmen CPNS 2019 tersebut ditegaskan Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Bima Haria Wibisana.

Bima menyatakan pembukaan lowongan akan dibuka pada Oktober 2019, tetapi tanggal pastinya baru akan diumumkan usai pelantikan.

"Karena kan pemerintahan baru, presiden dilantik Oktober 2019, mulainya setelah pelantikan presiden," ucap Bima kepada wartawan saat ditemui di Hotel Westin pada Rabu (21/8/2019).

Bima mengatakan, awalnya pembukaan lowongan dilakukan pada tanggal 17 Oktober 2019. Namun, rencana itu tidak dapat dilaksanakan karena harus menunggu pelantikan kabinet baru termasuk penentuan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) yang baru.

Ia memperkirakan pembukaan lowongan akan mundur setidaknya 10 hari. Sebab, menteri di berbagai instansi baru dapat bekerja efektif 1 minggu setelah dilantik.

"Pelantikan (presiden) tanggal 20 Oktober 2019 ya pasti mundurlah. Demisioner belum ada menteri sepekan. Baru saya akan melayangkan (pembukaan lowongan) tanggal 27 Oktober 2019. Saya akan tunggu itu," ucap Bima.

Bima menjelaskan pembukaan lowongan CPNS 2019 sudah masuk dalam APBN. Meskipun saat ini masih menunggu pelantikan, ia memastikan berbagai proses sudah dipersiapkan seawal mungkin.

Bima mengatakan pembukaan lowongan CPNS ini sebenarnya masih harus menunggu keputusan menteri PAN RB periode 2019-2024.

Dengan demikian, jika sang menteri berkehendak lain, maka pembukaan lowongan bisa saja mundur di luar Oktober 2019. Namun, ia berharap bahwa pembukaan lowongan tak sampai lewat tahun anggaran.

"Mudah-mudahan enggak ada. Kalau lewat ya enggak masalah juga," ucap Bima.

BKN telah menerima rumusan fomasi CPNS 2019 dari semua Kementerian dan lembaga yang akan dibuka dalam seleksi tahun ini.

Namun, Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan lembaganya belum menerima rumusan semua formasi P3K yang akan dibuka pada 2019.

"Kalau [formasi] CPNS, saya rasa sudah masuk semua, yang belum itu PPPK. Jadi mungkin akan kita dahulukan [pendaftaran seleksi] PNS," ujar Bima di kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta Pusat, Senin (19/8/2019).

"Karena kalau menunggu [formasi] P3K, waktunya tinggal sebentar," tambah Bima.

Bima menjelaskan, pembukaan seleksi CPNS perlu segera dilakukan karena pemenuhan kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) baru sudah mendesak, terutama untuk profesi tenaga pendidikan dan kesehatan. Dia berharap, pendaftaran seleksi CPNS 2019 bisa dibuka tepat waktu, Oktober nanti.


Baca juga artikel terkait CPNS 2019 atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH
DarkLight