BKN Akui Hari Pertama SKD CPNS 2018 Masih Banyak Jadwal Tes Mundur

Oleh: Maya Saputri - 27 Oktober 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pelaksanaan SKD CPNS 2018 hari pertama yang berlangsung Jumat kemarin, di sejumlah lokasi tes masih mengalami kendala teknis hingga terjadi penundaan jadwal tes.
tirto.id - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengakui pada hari pertama pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 pada Jumat (26/10/2018) kemarin, masih mengalami kendala hingga terjadi penundaan jadwal tes.

"Hingga mendekati jadwal pelaksanaan SKD masih ada instansi yang belum mengumumkan hasil seleksi administrasi, bahkan hingga detik ini masih ada 22 instansi yang belum mengumumkan hasil seleksi administrasi, ujar Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hubungan Media dan Antar Lembaga Biro Humas BKN Diah Eka Palupi kepada Tirto, Jumat (26/10/2018).

"Dengan kondisi itu, jumlah net peserta SKD tidak bisa presisi, jumlah kebutuhan PC [personal computer] juga menjadi tidak pas. Tapi akan ada mekanisme adendum kontrak dengan vendor, sehingga ini bisa diatasi segera," jelasnya.

Dari pantauan Tirto kemarin, pelaksanaan SKD CPNS di beberapa kota seperti Yogyakarta dan Malang mengalami penundaan, bahkan hingga dijadwalkan ulang di hari berikutnya.

Pelaksanaan SKD CPNS di Graha Wana Bhakti Yaksa Yogyakarta diundur karena kendala teknis keterbatasan peralatan untuk Computer Assisted Test (CAT).


Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Gatot Saptadi mengatakan tes yang seharusnya dilaksanakan Jumat (26/10/2018) pagi terpaksa harus diundur satu hingga dua hari.

"Bukan dibatalkan tapi diundur. Artinya ada kendala teknis. Ini kan bentuk dari kerja sama dengan semua pihak, yang ternyata kita rencanakan secara ideal tidak bisa tepat waktu. Dengan terpaksa kita undur. Diundurnya ya satu dua hari lah," kata Gatot di Yogyakarta, Jumat (26/10/2018).


Gatot menjelaskan kendala teknis yang dialami panitia karena memang laptop dan aplikasi belum siap. Laptop dan aplikasi untuk tes khusus didatangkan dari Jakarta yang hingga Jumat kemarin belum sampai di Yogyakarta.

Kejadian serupa juga terjadi dalam pelaksanaan SKD CPNS di Kota Malang di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kota Malang yang sempat mengalami penundaan hampir satu jam. Tes yang seharusnya dilakukan pukul 08.30 WIB tertunda akibat masalah teknis.

Koordinator Pelaksana Tes CPNS Zona Malang Suksesi Sugiarti mengatakan bahwa penundaan selama kurang lebih satu jam tersebut akibat adanya kendala pada pengaturan kabel Local Area Network (LAN) komputer.

Pelaksanaan tes CPNS hari pertama tersebut dijadwalkan akan rampung pada pukul 16.00 WIB, namun karena kendala teknis yang menyebabkan penundaan selama satu jam, maka tes diperkirakan berakhir kurang lebih pukul 21.00 WIB.




Baca juga artikel terkait CPNS 2018 atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri
DarkLight