BJ Habibie Punya Semangat Tinggi untuk Sembuh, Kata Mantan Menteri

Oleh: Riyan Setiawan - 10 September 2019
Theo L. Sambuaga mengatakan BJ Habibie punya semangat tinggi untuk sembuh.
tirto.id - Menteri Negara Perumahan Rakyat dan Permukiman Indonesia era Kabinet Reformasi Pembangunan Theo L. Sambuaga menjenguk BJ Habibie di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (10/9/2019). Menurutnya Habibie punya semangat tinggi untuk sembuh.

"Keluarga cerita bahwa Pak Habibie memiliki semangat yang tinggi. Beliau bertahan," kata Theo usai menjenguk.

Theo juga menjelaskan kondisi Habibie selama dirawat. Dia bilang sempat melihat Habibie menunaikan salat zuhur dalam kondisi berbaring.

Saat ini sejumlah alat medis masih terpasang di tubuh Presiden ke-3 RI itu. Ada tiga sampai empat dokter yang mengawasi.

Theo menuturkan banyak keluarga dan rekan Habibie yang menjenguk. Namun mereka tidak bisa masuk ke ruangan Habibie dirawat, hanya bisa menengok dari kaca.

"Didampingi oleh sebagian besar keluarga, ya. Saya lihat ada Pak Ilham (anak Habibie) dan keponakan-keponakan dan cucu-cucu yang paling banyak," ucapnya.

Adik Kandung Habibie, Sri Soedarsono Habibie, menerangkan kondisi kakaknya memang kian membaik.

"Kondisi bapak membaik. Alhamdulillah," kata dia usai menjenguk. "Kondisi sudah bagus karena terima tamu," tambahnya.

Kabar Habibie sakit datang dari sekretaris pribadinya, Rubijanto.

"Bersama ini kami konfirmasikan bahwa Bapak B.J. Habibie saat ini sedang menjalani perawatan yang intensif oleh Tim Dokter Kepresidenan di RSPAD Gatot Soebroto," kata Rubijanto.

Sesuai petunjuk Tim Dokter Kepresidenan, kata dia, Habibie perlu mendapatkan perawatan yang optimal. Presiden ke-3 RI itu juga diminta beristirahat penuh selama dirawat.


Baca juga artikel terkait KONDISI BJ HABIBIE atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Rio Apinino
DarkLight