Bioskop Drive-In Akan Hadir di Jakarta: Solusi Nonton Saat Pandemi

Oleh: Sirojul Khafid - 4 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Bioskop drive-in akan segera hadir di Jakarta.
tirto.id - Sejak virus corona COVID-19 meluas, banyak gaya hidup masyarakat yang berubah, salah satunya tak bisa lagi menonton bioskop. Sebabnya, bioskop ditutup sejak COVID-19 mulai meluas di Indonesia. Bioskop bisa jadi salah satu kluster penularan karena orang banyak berkumpul dalam satu ruangan tanpa jarak yang diatur.

Bahkan sejak COVID-19 merebak, banyak proses produksi film yang berhenti serta bioskop-bioskop yang tutup. Hal ini sangat berdampak pada industri perfilman, termasuk di Indonesia.

Untuk menjadi bagian solusi, Ergo and Co bekerja sama dengan Flash Communications akan menghadirkan bioskop drive-in di Jakarta. Secara teknis, para penonton akan menonton film dari dalam mobil di area yang telah disediakan fasilitas seperti layar berukuran besar, mirip-mirip dengan layar tancap.

Dilansir akun instagram driveincinemajkt, lokasi pemutaran film akan berada di Kavling Tapal Kuda Edutown 2, BSD, Jakarta. Area seluas 90x90 meter itu bisa menampung sekitar 120 mobil.

Ada beberapa kemudahan saat menonton film dari mobil dibandingkan menonton di bioskop biasa. Beberapa di antaranya, penonton bisa mengangkat kaki, membalas pesan di ponsel, berbincang dengan orang di satu mobil, dan lainnya. Satu hal yang penting, jangan sampai mengganggu penonton lain, khususnya di mobil lain.

Sampai saat ini belum ada informasi tanggal pembukaan bioskop drive-in di Jakarta. Sebelumnya, beberapa negara lain juga telah membuka bioskop drive-in sejak merebaknya COVID-19 di antaranya Korea Selatan, Jerman, dan Inggris.

Penutupan bioskop ini membuat banyak penayangan film ditunda, misalnya seperti Mulan dan Tenet. Disney kembali menunda perilisan Mulan untuk ketiga kalinya, kini film tersebut akan tayang pada 21 Agustus 2020.

Sebelumnya Mulan"dijadwalkan hadir di bioskop pada 24 Juli. Namun karena kasus virus corona di Amerika angkanya terus meningkat maka bioskop belum bisa dibuka untuk musim panas.

Langkah ini muncul setelah berita bahwa Warner Bros menunda rilis Tenet film fiksi ilmiah karya dari sutradara Christopher Nolan untuk kedua kalinya. Tenet dibintangi oleh John David Washington dan Robert Pattinson yang diperkirakan tayang pada 12 Agustus.

Dengan kekosongan Tenet dari kalender rilis, Mulan diposisikan menjadi film besar pertama yang akan tayang saat bioskop Amerika Utara kembali buka.


Baca juga artikel terkait BIOSKOP atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight