Biodata Sulli eks f(x), dari Aktris Cilik hingga Berkarier Solo

Oleh: Maria Ulfa - 14 Oktober 2019
Dibaca Normal 2 menit
Profil Sulli dan perjalanan karier, diawali dari debut sebagai aktris cilik, gabung bersama f(x) sebagai girlband, hingga memutuskan jadi penyanyi solo.
tirto.id - Mantan personel girlband f(x), Sulli, ditemukan meninggal di apartemennya daerah Seongnam, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan, Senin (14/10/2019) pukul 15.21 KST.

Jasad Sulli ditemukan manajernya yang kemudian dilaporkan ke Kepolisian Seongnam Sujeong.

Sulli sendiri terakhir menghubungi manajernya pukul 18.31 KST pada Minggu (13/10). Besoknya, Senin (14/10) pukul 15.20 KST, sang manajer memutuskan untuk pergi ke apartemen Sulli di Seongnam dan menemukan jasadnya di lokasi kejadian.

“Kami menerima laporan tentang kematiannya pada pukul 15.20 KST. Dia [Sulli] telah meninggal dunia saat kami sampai ke lokasi kejadian,” ujar perwakilan Kantor Pemadam Kebakaran Seongnam kepada Dispatch seperti dikutip Soompi.

SM Entertainment, selaku agensi yang menanungi Sulli, hingga saat ini belum memberikan keterangan terkait kematian Sulli.

Meski penyebab kematiannya belum dipastikan, muncul dugaan bahwa Sulli meninggal karena bunuh diri. Sejauh ini, polisi belum menemukan surat wasiat milik Sulli untuk memastikan dugaan tersebut.

“Choi [Sulli] terlihat hidup sendiri di rumah tersebut. Sepertinya terlihat bahwa ia telah melakukan bunuh diri, tetapi kami akan mencari tahu tentang kemungkinan yang lain,” ujar polisi, seperti dikutip Metro.


Idap Gangguan Panic Disorder


Dugaan bunuh diri yang dilakukan Sulli tersebut diperkuat dengan pernyataan Sulli yang pernah mengungkapkan bahwa ia memiliki gangguan panic disorder sejak kecil.

Hal tersebut diungkapkan Sulli dalam sebuah unggahan teaser video untuk program acara reality show miliknya “Jinri Market” di media sosial Instagram. Akan tetapi, video tersebut kini telah dihapus oleh Sulli.

“Bahkan orang terdekatku telah meninggalkan aku. Aku sangat tersakiti oleh mereka dan aku merasa tidak ada orang yang mengerti diriku, yang mana membuat aku semakin terjatuh,” ujar Sulli dalam video tersebut, demikian seperti dikutip The Korea Times.

Jinri Market sendiri merupakan program reality show yang dibintangi Sulli, dan ia berperan sebagai CEO untuk sebuah pop-up store dalam program acara tersebut.

Debut Sebagai Aktris Cilik

Sulli melangsungkan debut sebagai aktris cilik pada 2005 dengan drama Song of the Prince yang tayang di SBS. Kemudian, Sulli melanjutkan kariernya sebagai idol dengan debut sebagai personel f(x) pada 2009 dan berada di bawah naungan SM Entertainment.

Sulli debut bersama personel f(x) lainnya, yakni Luna, Amber, Krystal, Victoria dengan merilis album debut LA chA TA. Sulli melakukan aktivitasnya bersama anggota f(x) hingga tahun 2014. Ia menghentikan semua kegiatannya dan memilih beristirahat karena komentar kebencian dan rumor yang ia terima.

Pada 7 Agustus 2015, SM Entertainment mengumumkan bahwa Sulli memutuskan hengkang dari f(x). SM mengungkapkan, Sulli akan fokus dalam berkarier akting, demikian seperti dikutip Soompi.


Berkarier Solo

Setelah hiatus sebagai penyanyi, pada 29 Juni 2019, Sulli akhirnya merilis album spesial pertamanya sebagai solois, berjudul Goblin. Dalam album tersebut, terdapat 3 buah lagu, yakni Goblin sebagai title track, kemudian Sailor Moon dan Dorothy. Sulli sendiri ikut berpartisipasi dalam penulisan lirik untuk album tersebut, demikian seperti dikutip South China Morning Post (SCMP).

Setelah merilis albumnya, Sulli menyempatkan diri untuk menggelar konser fan meeting bertajuk "Sulli’s Special Stage: Peaches Go!blin" yang bertempat di SM Town Theatre, Samseong Dong, Seoul, Korea Selatan.

Sebelumnya, Sulli juga sempat muncul dalam program acara The Night of Hate Comments di JTBC yang tayang pada 21 Juni 2019 lalu sebagai MC.

The Night of Hate Comments merupakan program acara reality show yang meminta MC untuk membaca sejumlah komentar kebencian secara keras dan mereka juga diminta untuk memberikan respons terkait komentar tersebut.

Di sisi lain, baru-baru ini, Sulli mulai melakukan aktivitasnya kembali dan ingin fokus berkarier dalam dunia akting. Bahkan, Sulli sempat muncul sebagai kameo dalam drama Korea populer Hotel Del Luna yang tayang di tvN untuk mendukung sahabatnya, IU.

Hal tersebut merupakan penampilan Sulli di drama untuk pertama kalinya setelah 7 tahun, yakni sejak ia membintangi drama To The Beautiful You pada 2012 lalu di SBS bersama rekan satu agensinya, Minho SHINee.

Kemunculannya dalam drama Hotel Del Luna juga merupakan kegiatan akting Sulli sebagai seorang aktris setelah 2 tahun, yakni sejak ia membintangi film Real pada 2017 bersama Kim Soo Hyun.

Pada 27 Agustus 2019, SM Entertainment sempat mengungkapkan Sulli sedang mempertimbangkan untuk membintangi film pendek milik Netflix berjudul Persona musim kedua, yang musim pertamanya telah dibintangi oleh IU.

Di sisi lain, pada 3 September 2019, Sulli juga sempat muncul dalam even pop-up store Fendi di Galleria Departement Store, Seoul untuk menghadiri acara Fall/Winter Collection 2019 dari merek Fendi.

Sulli muncul bersama sejumlah selebritas Korea Selatan lainnya, di antaranya adalah Go So Young, Ji Soo, Kang Daniel, dan Lee Seo Jin.



----------------------------

Depresi bukanlah persoalan sepele. Jika Anda merasakan tendensi untuk melakukan bunuh diri, atau melihat teman atau kerabat yang memperlihatkan tendensi tersebut, amat disarankan untuk menghubungi dan berdiskusi dengan pihak terkait, seperti psikolog, psikiater, maupun klinik kesehatan jiwa.

Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Ibnu Azis
DarkLight