Biodata La Nyalla Mahmud Mattalitti, Ketua DPD & Calon Ketua PSSI

Oleh: Hendi Abdurahman - 15 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
La Nyalla Mattalitti lolos menjadi calon Ketua PSSI periode 2019-2024 dan bakal bersaing dengan tujuh calon lainnya.
tirto.id - La Nyalla Mattalitti kembali berpeluang menjadi orang nomor satu di tubuh PSSI. Pasalnya, ia lolos dalam pemilihan calon ketua PSSI periode 2019-2023. Pria kelahiran Jakarta, 10 Mei 1959 tersebut bakal bersaing dengan tujuh calon lainnya untuk memperebutkan posisi ketua umum yang tengah kosong sepeninggalan Edy Rahmayadi.

La Nyalla Mattalitti sempat menjadi Ketua Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI). Sebagaimana diketahui, pada periode 2012-2015 PSSI tengah berada dalam kasus dualisme yang berujung hukuman dari FIFA.

Melihat pengalamannya, La Nyalla Mattalitti bukanlah nama baru dalam struktur organisasi PSSI. Ia sempat menjabat sebagai Ketua Umum pada 2015-2016 menggantikan Djohar Arifin. Saat itu, ia terpilih menjadi orang nomor satu PSSI dalam Kongres Luar Biasa (KLB) yang diselenggarakan di Surabaya pada 18 April 2015.

Kendati demikian, kepemimpinan La Nyalla tak berlangsung lama lantaran terjerat kasus dugaan korupsi dana hibah. Ia terpaksa meletakkan jabatannya. Namun, ia akhirnya divonis bebas oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Jakarta pada akhir 2016.


Dalam dunia kepengurusan di bidang olah raga, pria yang memiliki darah bugis ini juga sempat menjabat sebagai Wakil Ketua KONI Jawa Timur pada 2010. Setahun berselang, dirinya memimpin PSSI Jawa Timur untuk kemudian menjadi anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Selain berkecimpung di kepengurusan PSSI, La Nyalla sempat menjadi ketua Pemuda Pancasila serta menjadi Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Jawa Timur.

Saat ini, La Nyalla Mattalitti menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) periode 2019-2024 dengan perolehan 47 suara, menyisihkan nama-nama lain seperti Nono Sampono (40 suara), Mahyudin (28 suara) dan Sultan Bachtiar (18 suara).

Mengenai kemungkinan rangkap jabatan apabila dirinya terpilih sebagai Ketua PSSI, La Nyalla menegaskan, hal tersebut bukan menjadi persoalan. Menurutnya, justru dengan demikian ia dapat menjangkau sepak bola lebih luas dengan mengajak para anggota DPD-RI lain.

“Kalau ada yang salah [rangkap jabatan] sebutkan, di mana salahnya? Yang jelas saya akan ajak para anggota DPD-RI ikut terlibat membesarkan sepak bola sampai ke tingkat desa,” katanya seperti dilansir CNN Indonesia.

Tujuh nama calon ketua umum PSSI lainnya yakni Afen Hinelo, Benhard Limbong, Benny Erwin, Fary Djemi Francis, Rahim Soekasah, Mochamad Iriawan dan Vijaya Fitriyasa. Namun, dari keseluruhan nama tersebut, hanya La Nyalla Mattalitti yang memiliki pengalamanan sebagai ketua PSSI.

Sementara itu, proses pemilihan Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 bakal dihelat pada Sabtu 2 November 2019.

Biodata La Nyalla Mattalitti

Nama Lengkap: La Nyalla Mahmud Mattalitti

Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 10 Mei 1959

Pendidikan: Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Jabatan yang Pernah Diduduki:
  • Kepala Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin)
  • Ketua PSSI Jawa Timur
  • Ketua Umum KPSI 2012-2013
  • Ketua Umum PSSI 2015-2016

Baca juga artikel terkait PSSI atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight