Biodata Jimin BTS: Trainee Sejak Usia 16 Tahun dan Debut di Bangtan

Oleh: Salma Mahjatina Zahra - 23 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Profil Jimin BTS yang memulai karier bersama Bangtan sejak 13 Juni 2013.
tirto.id - Park Jimin alias Jimin BTS lahir di Geunjong, Busan, Korea Selatan pada 13 Oktober 1995. Pria berumur 25 tahun (usia internasional) ini merupakan seorang penyanyi, penari, dan penulis lagu yang berkarier di Korea Selatan.

Ia mengenyam pendidikan di Busan High School of Art dan mengambil konsentrasi tarian modern. Setelah bergabung ke agensi entertainment, Jimin pindah ke Korea Arts High School.

Saat ini, Jimin tengah melanjutkan pendidikannya di Global Cyber University, sebuah universitas terbuka berbasis internet.

Karier Jimin BTS


Saat berusia 16 tahun, Jimin menjadi trainee di sebuah entertaiment agency bernama BigHit Entertaiment. Pada tahun 2013, ia debut sebagai salah satu anggota boy band Bangtan Sonyeondan (BTS) dengan nama panggung Jimin. Ia memegang peran sebagai lead vocal dan main dancer.

Di bawah BTS, Jimin merilis lagu solo berjudul Lie, pada album Wings (2016) dan Serendipity pada album Love Yourself:Her (2017). Kedua lagu tersebut telah didengarkan lebih dari 100 juta pengguna Spotify di seluruh dunia.

Hal ini menjadikan Jimin sebagai satu-satunya penyanyi solo di Korea Selatan dengan 2 lagu yang didengar lebih dari 100 juta kali.

Ia juga merilis single solo berjudul "Promise" pada 2018. Dalam 24 jam setelah dirilis, "Promise" milik Jimin didengarkan 8,5 juta kali.

Dampak dan Pengaruh Jimin BTS


Gallup, survei tahunan terpercaya di Korea Selatan, menyebutkan bahwa Jimin menduduki peringkat pertama untuk Idol Korea Terfavorit. Ia menduduki peringkat tersebut untuk 2 tahun berturut-turut, yaitu pada tahun 2018 dan 2019.

Pada tahun 2018, Jimin menduduki peringkat 17 dari 30 anggota boy band terbaik versi Guardian.

Pada tahun yang sama, Jimin menerima penghargaan dari The Kim Baek Bong Fan Dance Conservation Society berkat penampilan tarian Kipas Korea yang ia tampilkan dalam Melon Music Award 2018.

Ia mendapatkan penghargaan tersebut karena dinilai telah berkontribusi dalam meningkatkan nilai estetika tarian kipas Korea secara global.

Penghargaan


Bersama dengan 6 anggota BTS lainnya, Jimin menerima penghargaan Billboard Music Award untuk kategori Top Social Artist pada tahun 2017, 2018, 2019, dan 2020.

Kedua album BTS yaitu Love Yourself: Tear (2018) dan Love Yourself: Answer (2018) juga mendapatkan peringkat 1 di Billboard 200.

BTS juga menerima penghargaan dari Presiden Korea Selatan, Moon Jae-In pada tahun 2018. Ke tujuh anggota BTS mendapatkan pengharagaan Hwagwan Order of Cultural Merit karena telah berjasa menyebarkan budaya Korea Selatan ke seluruh dunia.



Baca juga artikel terkait BTS atau tulisan menarik lainnya Salma Mahjatina Zahra
(tirto.id - Humaniora)

Kontributor: Salma Mahjatina Zahra
Penulis: Salma Mahjatina Zahra
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight