Biodata Bitto Up10tion: dari Solo Karier hingga Hit the Stage

Oleh: Desika Pemita - 30 November 2020
Dibaca Normal 2 menit
Bitto Up10tion positif COVID-19. TOP Media selaku agensi menunda seluruh aktivitas promosi album baru Up10tion, Light Up.
tirto.id - Bitto, salah satu personel Up10tion, pada Senin (30/11/2020) dinyatakan terkonfirmasi COVID-19. Padahal, penyanyi bernama asli Lee Chang Hyun itu baru saja tampil di beberapa acara musik.

Kabar Bitto Up10tion terpapar virus corona diumumkan langsung oleh pihak agensinya, TOP Media, sebagaimana diwartakan Soompi.

"Bitto, artis kami baru saja mendapatkan pemeriksaan untuk COVID-19, hasilnya positif. Setelah menyelesaikan aktivitasnya pada 28 dan 29 November. Dia sebelumnya melakukan kontak dekat dengan satu orang yang telah dites dan dikonfirmasi positif," tulis agensi yang mengasuh Bitto Up10tion, dilansir Naver.

Bitto di Up10tion berperan sebagai rapper dan main dancer. Idola kelahiran 24 Agustus 1996 itu lulus dari Dongducheon High School pada 2014 silam.

Bitto diperkenalkan sebagai personel Up10tion melalui acara parodi King of Mask Singer dari MBC pada Juli 2015.

Setelah bergabung dengan Up10tion, Bitto mulai bersinar di industri Kpop. Dia menunjukkan kemampuan vokalnya saat tampil solo dengan menyanyikan soundtrack untuk 38th Task Force, berjudul "Run".

Bitto juga ikut tampil di beberapa acara televisi. Di variety show bertajuk Rising!Up10tion (2015), Bitto menjadi salah satu pengisi acara. Selain itu, aksi Bitto yang bisa memeriahkan panggung terlihat di Hit the Stage (2016) sebagai peserta.

Di fancafe penggemar Up10tion, Bitto dikenal sebagai personel yang jago bermain piano. Hal itu sempat dia tunjukkan dalam video singkat yang diunggah di YouTube. Selain jago bermusik, Bitto juga disebut ramah dan senang mengobrol. Dalam beberapa kesempatan, dia juga senang menyapa penggemar.

Sebelum dia bergabung dengan boyband yang membesarkan namanya, Bitto mengaku sempat ingin bekerja di industri masakanan. Kini, dia mendapatkan pekerjaan yang jauh lebih baik yaitu seorang Kpop idol.


Bitto dan Up10tion

Setelah debut dengan Up10tion pada 2015, Bitto sibuk dengan jadwalnya bersama Up10tion. Di tahun yang sama, Up10tion mengadakan showcase debut di AX Concert Hall di Seoul.

Dikutip dari laman resmi Up10tion, boyband besutan TOP Media ini debut dengan album Up10tion Top Secret, dengan single "So, Dangerous", yang dirilis pada 11 September 2015. Album tersebut berhasil masuk ke jajaran acara musik ternama di Korea Selatan, berada di nomor 9 dan memuncak di nomor 7 di Gaon Album Chart.

Pada Mei 2016, Bitto bersama Up10tion mengadakan showcase debut Jepang pada 4 dan 5 Juni 2020.

Popularitas Bitto sebagai personel Up10tion makin bersinar selepas melakukan debut di Jepang. Namun rekan Bitto, Wooseok, harus hiatus.

Up10tion melanjutkan aktivitas mereka dengan sembilan anggota, merilis mini album keenam yaitu Star;dom pada 29 Juni 2020, termasuk singel utama "Runner".

Pada 2018, Up10tion kembali hadir dengan formasi lengkap, merilis single "Candyland" dari album Invitation. Di akhir tahun, Up10tion merilis mini-album ketujuh Laberinto, dengan single utama "Blue Rose".

Beberapa kali, personel Up10tion memang tak lengkap. Dari 10 anggota, terkadang Up10tion hanya tampil dengan delapan atau tujuh personel. Pada 22 Agustus 2019, Up10tion merilis mini album kedelapan mereka The Moment of Illusion. Namun dua membernya, yaitu Wooseok dan Jinhyuk terpaksa absen.

Pada 2020 ini, penggemar berharap Up10tion kembali hadir dengan karya baru. Keinginan mereka terjawab dengan perilisan album baru Light Up pada 24 September 2020. Di album ini, Jinhoo pamit untuk ikut wajib militer. Meski hanya tujuh personel, Bitto dan Up10tion tetap melakukan kegiatan promosi album baru mereka dengan semangat.


Agensi Tunda Promosi Up10tion

Up10tion tampil di acara musik MBC Music Core dan SBS Inkigayo pada 28 dan 29 November 2020. Pejabat musik dan penyiaran dua acara itu didesak untuk menjelaskan situasinya, seperti diwartakan Naver.

TOP Media juga mengumumkan untuk menunda aktivitas Up10tion. Padahal, Up10tion saat ini sedang sibuk promosi album Destination dari koleksi mini ke-9 Light Up.

"Artis agensi kami, staf, dan karyawan yang melakukan kontak dengan Bitto sedang diuji untuk COVID-19, Kami akan mengambil tindakan karantina sesuai dengan instruksi oleh otoritas kesehatan," tulis TOP Media.

Kondisi serupa juga dialami oleh staf di dua acara musik yang dihadiri Bitto. Rencananya, semua orang yang ada di lokasi saat itu juga akan melakukan tes COVID-19.

"Setelah mendengar diagnosis Bitto, kami segera memberi tahu semua artis dan staf. Kami telah mengamankan rekaman CCTV dan sedang bekerja untuk memeriksa semua orang yang berpapasan atau melakukan kontak dekat dengan Bitto," tulis pihak SBS Inkigayo.

Kondisi serupa juga dilakukan oleh MBC Music Core. Pihaknya berkomentar akan melakukan pencegahan dengan tes COVID-19.



Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Desika Pemita
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Desika Pemita
Penulis: Desika Pemita
Editor: Ibnu Azis
DarkLight