Big Hit Disebut Akan Akuisisi Pledis, BTS & SEVENTEEN Satu Agensi?

Oleh: Maria Ulfa - 13 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sebelumnya, sebuah media Korea, melaporkan bahwa Big Hit Entertainment sedang dalam proses mengakuisisi salah satu perusahaan hiburan, Pledis Entertainment.
tirto.id - Big Hit Entertainment, agensi yang menaungi boy group BTS dan TXT pada Senin (13/1/2020) mengungkapkan bahwa belum ada keputusan terkait berita yang menyebut mereka akan mengakusisi perusahaan Pledis Entertainment.

“Kami terbuka terhadap berbagai peluang, namun belum ada keputusan mengenai hal tersebut,” ujar perwakilan Big Hit Entertainment, seperti dikutip Osen.

Sebelumnya, sebuah media Korea, Sports Donga melaporkan bahwa Big Hit Entertainment sedang dalam proses mengakuisisi salah satu perusahaan hiburan, Pledis Entertainment. Selain itu, Sports Donga juga menyatakan, meski telah diakuisisi, Pledis akan tetap beroperasi sebagai label independen.

Sementara itu, jika kedua perusahaan tersebut sepakat untuk melakukan merger dan akusisi, maka Pledis kemungkinan akan pindah ke gedung baru milik Big Hit yang rencananya akan digunakan mulai Mei 2020.

Adapun, sejumlah artis yang saat ini berada di bawah naungan Pledis Entertainment di antaranya adalah SEVENTEEN, NUE’ST, Bumzu, dan Nana.

Sementara itu, pada Juli 2019, Big Hit sempat menjadi topik perbincangan setelah berhasil mengakuisisi agensi yang menaungi GFriend, yakni Source Music. Big Hit memang sedang berupaya memperluas agensinya dan menata ulang struktur berdasarkan area bisnisnya serta memperkuat struktur multi-labelnya melalui akuisi dengan Source Music.

Meski demikian, Big Hit menjelaskan pihaknya berencana untuk tetap mempertahankan manajemen yang ada di Source Music agar tidak merubah warna dan independensi label.

"Kami berencana untuk mempertahankan eksekutif Source Music saat ini tetap dengan agensi, untuk mempertahankan warna dan independensi label yang unik,” tutur perwakilan Big Hit saat itu, seperti dikutip Soompi.

Pendiri Big Hit Entertainment, Bang Shi Hyuk menyampaikan bahwa Big Hit dan Source Music bergabung karena mereka memiliki filosofi yang sama tentang bagaimana pengembangan manajemen artis asuhannya.

Bang Shi Hyuk juga menjelaskan bahwa kedua agensi telah saling mengenal dengan baik, dan ia juga berharap mereka bisa sama-sama melangkah agar bisa lebih maju lagi.

Source Music, agensi yang memayungi GFriend, pada awalnya didirikan oleh So Sung Jin pada November 2009. Kedua agensi ini sebelumnya berkolaborasi untuk produksi girl group “GLAM”, yang memulai debutnya pada 2012 sebelum akhirnya bubar tiga tahun kemudian.

Pengamat industri percaya bahwa melakukan akuisisi dengan perusahaan yang menjadi rumah bagi girl group popular yang juga memiliki banyak trainee perempuan akan memperkuat perkembangan untuk Big Hit.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - )

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight