Biaya Bangun LRT Mahal, Luhut: Karena Dibangun Elevated

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 14 Januari 2019
Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan menyebut Pembangunan LRT Jabodek mahal karena dibangun secara Elevated. Sebelumnya, Mahalnya pembangunan LRT disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan tagar #1km500Miliar sempat menjadi trending twitter.
tirto.id - Pembangunan Light Rail Transit (LRT) beberapa hari lalu mendapat kritik dari Wakil Presiden Jusuf Kalla karena harganya kemahalan.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, LRT mahal karena dibangun secara elevated (melayang).

"LRT itu betul diskusi, elevated dan non elevated beda harga tinggi," kata dia di kantornya, Senin (14/1/2019).

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengkritik pembangunan LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek).

Bahkan tagar #1km500Miliar sempat menjadi trending twitter usai wakil presiden Jusuf Kalla marah lantaran dana pembangunan LRT mencapai Rp500 miliar per kilometer.

Mengenai hal ini Luhut mengatakan, untuk LRT Cibubur, Depok akan lebih murah pasalnya rute tersebut akan dibangun normal seperti kereta biasa.

"Pembangunan LRT Cibubur, Depok akan [dibangun] di bawah, harganya akan di bawah Rp500 miliar per kilometer. Kami belum tau pasti bisa lebih dari setengah," jelas dia.


Baca juga artikel terkait PROYEK LRT atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight