BI: Optimisme Konsumen Terhadap Ekonomi Juni 2022 Tetap Menguat

Reporter: Dwi Aditya Putra, tirto.id - 8 Jul 2022 13:14 WIB
Survei Bank Indonesia mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat. Terlihat IKK pada Juni 2022 sebesar 128,2.
tirto.id - Hasil survei Bank Indonesia mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap menguat. Hal ini terindikasi dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juni 2022 sebesar 128,2 atau tetap berada pada level optimis (indeks > 100).

"Angka ini relatif stabil dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar 128,9," kata Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono di Jakarta, Jumat (8/7/2022).

Erwin menjelaskan keyakinan konsumen yang tetap terjaga tersebut ditopang oleh menguatnya ekspektasi mereka terhadap kondisi ekonomi ke depan. Terutama terkait penghasilan dan lapangan kerja.

Kemudian secara triwulan rata-rata IKK selama periode triwulan II 2022 meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya. Rata-rata IKK triwulan II 2022 tercatat sebesar 123,4, lebih tinggi dari 114,6 pada triwulan I 2022.

"Peningkatan tersebut didorong oleh optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, baik terhadap aspek penghasilan, ketersediaan lapangan kerja maupun ketepatan waktu dalam membeli barang tahan lama," jelasnya.

Sejalan dengan meningkatnya optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan juga mengalami peningkatan pada semua aspek. Mulai dari ketersediaan lapangan kerja, kegiatan usaha, dan penghasilan.




Baca juga artikel terkait KONSUMEN atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight