BI Berharap Bank Mandiri Segera Atasi Gangguan Sistem Pembayaran

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 20 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Bank Indonesia berharap, gangguan sistem pembayaran Bank Mandiri segera teratasi dan menginformasikan secepat mungkin ke masyarakat.
tirto.id - Bank Indonesia (BI) berharap PT Bank Mandiri segera mengatasi persoalan ganggguan sistem pembayaran yang tengah terjadi dan bisa memberikan informasi secepat mungkin kepada nasabah mengenai langkah penyelesaian yang telah dilakukan.

"Segera memberitahukan atau berkomunikasi kepada nasabah untuk memberikan perlindungan nasabah dan kepastian layanannya terjaga dan terkendali," kata Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko di Medan, Sumatera Utara, seperti dilansir Antara, Sabtu (20/7/2019).

Onny mengatakan, saat ini Bank Mandiri sudah memberikan informasi resmi ke masyarakat mengenai gangguan sistem pembayaran itu.

"Itu perlu agar nasabah mendapatkan kepastian dan ketenangan serta keamanan asetnya," ucapnya.

Onny menyatakan, bisnis sistem pembayaran yang melibatkan banyak nasabah sebaiknya memiliki ketahanan sistem operasi dan bisa terus memperkuat rencana cadangan untuk mendukung bisnis.

"Hemat saya, masalah itu segera teratasi. Mengingat bank telah melakukan komunikasi kepada masyarakat," ujar dia.

Cara tersebut, menurutnya, agar perbankan dapat sigap dan cepat menjaga kualitas dan kontinuitas operasinya dalam situasi dan kondisi apa pun.


Sebelumnya, banyak nasabah Bank Mandiri mengeluhkan gangguan sistem pembayaran melalui laman media sosial twitter pada Sabtu pagi ini. Secara umum, nasabah Bank Mandiri banyak yang mengeluh soal berubahnya saldo rekening di tabungan.

Beberapa nasabah ada yang mengaku saldo di rekeningnya bertambah secara drastis, sementara nasabah lainnya, tiba-tiba mendapati saldonya menjadi angka nol, serta tidak dapat melakukan penarikan.

Bank Mandiri telah menyatakan tidak ada pengurangan saldo terkait gangguan sistem pembayaran itu. Gangguan itu terjadi karena pemeliharaan sistem teknologi informasi untuk meningkatkan layanan transaksi keuangan.

"Kami pastikan rekening nasabah, aman," kata Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas.

Rohan menjelaskan, proses pemeliharaan dan peningkatan kualitas sistem teknologi informasi ini telah berdampak pada berubahnya nilai saldo sebagian nasabah.

Untuk itu, Bank Mandiri sedang melakukan normalisasi saldo rekening yang terdampak pemeliharaan sistem teknologi informasi tersebut.

"Kami memohon maaf atas kejadian ini. Saat ini kami sedang melakukan normalisasi saldo nasabah dan kami juga memastikan bahwa dana nasabah tetap aman serta tidak hilang," katanya.


Baca juga artikel terkait PT BANK MANDIRI atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Ekonomi)


Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Abdul Aziz
DarkLight