Besuk Pasien di RS, 21 Warga Perumahan di Kota Tasikmalaya Positif

Reporter: Antara - 14 Mar 2021 18:59 WIB
Klaster Corona dipicu warga membesuk tokoh masyarakat di sebuah perumahan di Kelurahan Sambongjaya, Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya.
tirto.id - Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya mendeteksi puluhan warga sebuah perumahan di Kelurahan Sambongjaya, Kecamatan Mangkubumi terpapar virus Corona. Mereka diduga terpapar usai menjenguk tokoh masyarakat setempat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Tasikmalaya Asep Hendra bilang klaster perumahan itu bermula ketika tokoh masyarakat setempat sakit. Karena kondisinya parah lalu dibawa ke rumah sakit. Sesampainya di rumah, lanjutnya, pasien maupun yang mengantarnya menjalani pemeriksaan kesehatan dan diketahui hasilnya terkonfirmasi positif.

"Ketika masuk ke TMC (rumah sakit) ternyata positif, semua yang jenguk dan gendong semua positif," katanya, Minggu (14/3/2021).

Dari hasil pelacakan 50 orang, jumlah warga perumahan yang positif 21 orang , termasuk tokoh masyarakat yang dirujuk ke rumah sakit. Dinkes masih menelusuri lagi warga yang kontak erat atau menjenguk.

Ia mengimbau masyarakat untuk lebih waspada terhadap penyebaran wabah COVID-19 karena kondisi saat ini virusnya sudah ada di mana-mana. Masyarakat, lanjut dia, tetap disarankan untuk mematuhi protokol kesehatan mencegah penularan wabah COVID-19 dengan selalu memakai masker, rajin cuci tangan, dan tidak berkerumun.

"Masyarakat diimbau untuk terus menerapkan disiplin protokol kesehatan," ujarnya.

Per 14 Maret 2021, ada 4.671 kasus terkonfirmasi positif di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Antara lain 84 orang meninggal. Kasus Corona di Indonesia semakin berbahaya setelah muncul varian B117 dari Inggris yang disebut lebih cepat penularannya kendati belum ada laporan makin perparah penderita.



Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Antara
Editor: Zakki Amali

DarkLight