Bertemu Menlu Mesir, Jokowi Minta Mahasiswa RI Diberi Akses Luas

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 18 Mar 2022 13:35 WIB
Jokowi menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Mesir, Sameh Shoukry di Istana Merdeka, Jakarta.
tirto.id - Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Mesir, Sameh Shoukry di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (18/3/2022). Dalam pertemuan itu, Jokowi membahas sejumlah isu dan kerja sama kedua negara.

Salah satu yang dibahas Jokowi dan Sameh Shoukry penguatan kerja sama Indonesia-Mesir dalam bidang pendidikan.

"Bapak Presiden secara khusus juga menyampaikan permintaan untuk akses yang lebih luas, termasuk untuk bidang pelayanan kesehatan bagi para mahasiswa kita," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai mendapingi presiden dalam pertemuan tersebut, Jumat.

Retno mengatakan Jokowi juga ingin ada peningkatan kerja sama ekonomi seperti di bidang perdagangan dan investasi. Dia mencatat saat ini angka perdagangan kedua negara naik naik 57,6 persen atau mencapai 1,86 miliar dolar AS.

"Tadi Bapak Presiden juga menyampaikan pentingnya kedua belah pihak untuk terus bekerja bersama meningkatkan investasi di kedua negara," tutur Retno.

Pada saat yang sama, delegasi mesir menyampaikan undangan dari Presiden Mesir, Abdel Fattah El-Sisi kepada Presiden Joko Widodo untuk menghadiri KTT Perubahan Iklim atau COP27 pada November tahun ini.

"Setelah ini saya akan lakukan pertemuan bilateral untuk berbicara secara lebih detail dari apa yang sudah diarahkan oleh Bapak Presiden tadi," tandas Retno.

Sameh Shoukry hadir bersama Duta Besar Republik Arab Mesir untuk Republik Indonesia Ashraf Sultan. Sementara Jokowi didampingi oleh Menlu dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.


Baca juga artikel terkait KERJA SAMA BILATERAL atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight