Bertemu Menkeu Italia, Sri Mulyani Bahas Pendanaan Saat Pandemi

Reporter: Dwi Aditya Putra, tirto.id - 12 Jul 2022 13:21 WIB
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Keuangan Italia Daniele Franco sepakat pentingnya peran G20 membantu mengatasi berbagai risiko global.
tirto.id - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Keuangan Italia Daniele Franco. Dalam pertemuan tersebut, mereka setuju pentingnya peran G20 sebagai forum ekonomi dalam membantu mengatasi berbagai risiko global, seperti inflasi, krisis energi, dan krisis pangan.

"Dalam rangka mengatasi tantangan ekonomi global, dunia perlu memiliki mekanisme yang disepakati bersama, dan hal ini lah yang menjadi prioritas kita bersama di G20," kata Sri Mulyani di Nusa Dua, Bali, Selasa (12/7/2022).

Sri Mulyani mengapresiasi dukungan Italia terhadap Presidensi Indonesia. Dia juga menuturkan Indonesia sebagai Presidensi G20 berupaya semaksimal mungkin agar kesepakatan-kesepakatan tersebut dapat tercapai dalam Presidensi tahun ini.

Contohnya, pembentukan Financial Intermediary Fund (FIF) for Pandemic Prevention Preparedness and Response (PPR) dalam agenda joint finance and health task force, serta kerangka kerja transisi dalam agenda keuangan berkelanjutan untuk mendukung transisi yang adil dan terjangkau. Dalam pertemuan tersebut, Daniele Franco menyatakan mendukung penuh terhadap Presidensi Indonesia.

"Kami mengapresiasi komitmen Presidensi Indonesia dalam mempersiapkan pendanaan bagi pandemi di masa depan dan menjaga ekonomi dunia melalui FIF," kata Franco.

Di samping itu, Indonesia juga akan terus berkonsultasi dengan negara-negara anggota G20. Tidak hanya dalam penyusunan komunike (Communique) tetapi juga dalam upaya mengkomunikasikannya kepada pemangku kepentingan di luar G20.

"Komunikasi tersebut penting untuk memperkuat kepercayaan masyarakat internasional terhadap peran G20 di tengah dinamika global," ungkap Sri Mulyani.






Baca juga artikel terkait PRESIDENSI KTT G20 atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight