Final Liga Negara UEFA 2019

Bernardo Silva & Frenkie de Jong Raih Gelar Terbaik di UNL 2019

Oleh: Fitra Firdaus - 10 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Bernardo Silva (Portugal) dinobatkan sebagai Player of the Tournament Liga Negara UEFA musim pertama, sedangkan Frenkie de Jong Pemain Muda Terbaik.
tirto.id - Bernardo Silva (Portugal) dinobatkan sebagai Player of the Tournament Liga Negara UEFA musim pertama. Sementara itu, Frenkie de Jong diberi gelar Pemain Muda Terbaik turnamen yang akhirnya dimenangi oleh Portugal pada Senin (10/6/2019) tersebut.

Dalam laga final yang digelar di Estadio do Dragao, Portugal berhasil mengalahkan Belanda dengan skor 1-0 lewat gol tunggal Goncalo Guedes berkat assist Bernardo Silva pada menit ke-60. Bernardo Silva sendiri, berdasarkan statistik Whoscored, mendapatkan nilai tertinggi, dengan 8,3 angka.

Gelandang Manchester City itu memiliki persentase umpan sukses mencapai 89 persen (33 kali dari 37 percobaan), 5 kali mengirim umpan kunci, dribel sukses 67 persen (6 kali berhasil dari 9 percobaan), dua kali memenangi duel udara.

"Bernardo Silva menunjukkan level kualitasnya dalam menciptakan peluang untuk gol. Performanya secara keseluruhan dalam dua laga (semifinal dan final) luar biasa. Dia punya pengaruh positif untuk tim, baik ketika menguasai bola maupun ketika tidak," kata Packie Bonner, Pengamat Teknik UEFA dikutip laman resmi Badan Sepak Bola Eropa tersebut.

Terkait proses gol kemenangan Portugal melawan Belanda, Bernardo mengisahkan, "Saya tidak ingat siapa yang memberikan bola kepada saya, tetapi umpannya luar biasa. Saya mendengar Guedes berteriak, 'Bernardo!' (meminta bola). Saya tidak terlalu bisa melihat posisinya, tapi saya mendorong bola dan bahagianya, dia membuat penyelesaian yang hebat."



Sementara itu, Frenkie de Jong dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik Liga Negara UEFA musim pertama. Gelandang yang musim lalu membawa Ajax ke semifinal Liga Champions ini terutama berperan besar ketika Belanda menyingkirkan Inggris di semifinal. Dalam laga itu, versi Whoscored, de Jong mendapatkan nilai 7,82.

"(Frenkie de Jong) terus menunjukkan peningkatan sebagai pemain muda, dan perkembangannya di turnamen ini akan membantunya bisa lebih dewasa lagi. Dia menjalani turnamen yang bagus untuk ukuran pemain muda," kata David Moyes, Pengamat Teknik UEFA.


Baca juga artikel terkait LIGA NEGARA UEFA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus