Jadwal MotoGP 2020

Berita MotoGP Terbaru Hari Ini 2020: Bahaya Sirkuit Brno di GP Ceko

Oleh: Permadi Suntama - 8 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Kondisi Sirkuit Brno yang menjadi arena balapan jadwal MotoGP Ceko 2020 disebut dapat membahayakan pembalap.
tirto.id - Kondisi Sirkuit Brno yang menjadi arena balapan jadwal MotoGP Ceko 2020 disebut dapat membahayakan pembalap. Kondisi lintasan Sirkuit Brno, bergelombang di sejumlah titik dan beberapa bagian aspalnya tipis sehingga dapat memicu kecelakaan.

Dilansir dari Crash, pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro, menyebut kondisi Sirkuit Brno, saat ini merupakan yang terburuk sepanjang kariernya sebagai pembalap. Hal ini dikarenakan kondisi lintasan sangat licin.

"Kondisi lintasan sangat buruk. Ini adalah salah satu lintasan paling buruk dalam karir saya. Ada dua atau tiga area yang sangat berbahaya, dan sudah banyak insiden kecelakaan di sesi latihan bebas," tukas Aleix Espargaro.

Insiden di Sirkuit Brno

Insiden yang dimaksud Aleix Espargaro antara lain menimpa Francesco Bagnaia, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi. Bahkan, Francesco Bagnaia tidak dapat mengikuti balapan pada hari Minggu (9/8/2020), karena mengalami cedera cukup parah.

Francesco Bagnaia mengalami retak tulang kering, dan harus menjalani perawatan intensif. Pembalap Pramac Racing Ducati ini kemungkinan besar juga bakal melewatkan 2 Grand Prix berikutnya yang berlangsung di Red Bull Ring, Austria.

"Dia tidak akan ikut balapan di Brno, dan dua balapan di Austria kemungkinan besar juga dilewatkan. Kami akan melihat hasil MRI dan berkonsultasi dengan dokter," ujar manajer Pramac Racing, Francesco Guidotti.

Francesco Bagnaia terjatuh di tikungan pertama Sirkuit Brno pada sesi latihan bebas pertama pada hari Jumat (7/8).

Komentar Vinales & Rossi

Selain Bagnaia, pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, juga mengalami insiden serupa di tikungan 13. Namun, Vinales lebih beruntung karena hanya mengalami cedera ringan.

"Saya melakukan kesalahan yang membuat saya terjatuh dan bahu saya terbentur. Kondisi di sini cukup berbeda dengan di Jerez, tetapi saya sepertinya baik-baik saja," kata Maverick Vinales.

"Lintasannya sangat licin dan bergelombang, tetapi saya tetap percaya diri. Kami akan bekerja keras untuk meraih hasil terbaik di sini," tambah pembalap Monster Energy Yamaha tersebut.



Rekan Maverick Vinales di tim utama Yamaha, Valentino Rossi, juga menunjukkan optimisme serupa.

Rossi menyebut ban belakangnya lebih cepat habis akibat kondisi lintasan yang tidak terlalu bagus. Kendati begitu, The Doctor akan mencari cara untuk mengatasinya.

"Kami berada di situasi yang sulit di tengah kondisi sirkuit yang juga menyulitkan. Kondisi aspal yang bergelombang, membuat ban belakang kami cukup cepat terkikis dan beberapa bagian di lintasan cukup licin sehingga menyulitkan kami di tikungan," kata Valentino Rossi, mengomentari kondisi Sirkuit Brno.

Sebagai catatan, Sirkuit Brno sudah menggelar MotoGP sejak tahun 1993. Terakhir kali sirkuit tersebut direnovasi adalah tahun 2008, dan sejak itu belum pernah dilakukan perbaikan lagi.

Baca juga artikel terkait JADWAL MOTOGP 2020 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight