Berita Liga 1 2021: Jadwal Kick-off & Alasan PSSI Tanpa Degradasi

Oleh: Iswara N Raditya - 10 Mei 2021
Dibaca Normal 2 menit
Wacana format tanpa degradasi di kompetisi Liga 1 2021 kembali menyeruak dan menuai pro-kontra.
tirto.id - Wacana format tanpa degradasi di kompetisi Liga 1 2021 kembali menyeruak dan menuai pro-kontra. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana menggelar jadwal Liga 1 musim ini mulai tanggal 3 Juli 2021 kendati masih harus menunggu izin keramaian dari kepolisian.

Terkait situasi pandemi COVID-19, sempat terlontar wacana bahwa tidak ada tim yang terdegradasi di kompetisi Liga 1 2021 nanti. Kendati begitu, sistem promosi untuk klub Liga 2 ke Liga 1 diwacanakan masih tetap diberlakukan.

Wacana mengenai Liga 1 2021 tanpa degradasi kembali muncul dalam Rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI di Jakarta pada 3 Mei 2021 lalu. Direncanakan, persoalan ini akan dibahas lebih lanjut di Kongres Tahunan PSSI tanggal 29 Mei 2021 mendatang di Jakarta.

"Exco PSSI sebatas memutuskan dalam rapat tanggal 3 Mei 2021 untuk memasukkan agenda ini [wacana Liga 1 tanpa degradasi] ke dalam kongres,” ungkap Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dikutip dari laman resmi PSSI, beberapa waktu lalu.

“Nantinya, kongres sebagai pengambil keputusan tertinggi dalam organisasi yang akan memutuskan karena itu akan terkait dengan jumlah peserta Liga 1 dan Liga 2 di tahun 2022," imbuhnya.


Alasan Liga 1 2021 Tanpa Degradasi

Dilansir Antara, Sabtu (8/5/2021), Yunus Nusi mengatakan bahwa wacana peniadaan degradasi untuk kompetisi Liga 1 2021 sebenarnya muncul dari sejumlah klub peserta kompetisi. Menurutnya, klub-klub tersebut mengemukakan beberapa alasan, di antaranya sebagai berikut:

Pertama, kompetisi akan berlangsung saat pandemi COVID-19. Kedua, untuk mengantisipasi andai ada klub yang banyak pemainnya terpapar COVID-19 dan membuat tim tersebut sulit bersaing dengan kesebelasan lain.

"Itu akan menyulitkan klub itu untuk bersaing dengan klub-klub lain. Itu tentu menjadi persaingan yang tidak sehat," ucap Yunus Nusi.

Ketiga, semua klub peserta Liga 1 dan 2 dalam keadaan sulit yang membuat sponsor kesulitan memberikan dukungan. Keempat, kompetisi kemungkinan berlangsung tanpa atau dengan sedikit penonton di stadion sehingga klub praktis tak memiliki pemasukan.

"Oleh sebab itu, dari semua alasan tadi, Exco PSSI akan membawa persoalan ini kongres tahunan untuk dimintakan persetujuan. Kalau kongres setuju, ya, jalan. Kalau tidak maka akan berjalan seperti biasa yaitu ada promosi dan degradasi," beber Yunus Nusi.

PSSI, imbuh Yunus Nusi, akan membawa wacana ini ke FIFA dan AFC agar jika disetujui nanti, pelaksanaan kompetisi Liga 1 2021 tanpa degradasi dapat berjalan sesuai ketentuan yang berlaku.


Kapan Kick-off Liga 1 dan 2 2021?

Terkait rencana pelaksanaan kompetisi Liga 1 2021 dan Liga 2 2021 juga menjadi pembahasan di rapat Exco PSSI. PSSI merencanakan Liga 1 2021 akan dimulai pada 3 Juli 2021 mendatang.

Sedangkan untuk Liga 2 2021 dijadwalkan dimulai dua pekan setelah kick off Liga 1 2021. Berikutnya akan menyusul Liga 3, Elite Pro Academy (EPA), Piala Soeratin, dan lainnya.

Mengenai perizinan, PSSI dan PT LIB sudah mengirimkan kepada Polri terkait surat permohonan izin keramaian Liga 1 dan Liga 2 2021, juga ditembuskan kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Kesehatan, dan Satgas COVID-19.

Format kompetisi Liga 1 2021 kemungkinan akan mengacu pada Piala Menpora 2021 lalu, yakni melangsungkan seluruh pertandingan di satu pulau demi meminimalisir penyebaran COVID-19, dan akan dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat.


Daftar Tim Peserta Liga 1 2021

Arema FC
Bali United
Barito Putera
Bhayangkara FC
Borneo FC
Madura United
Persebaya Surabaya
Persela Lamongan
Persipura Jayapura
Persib Bandung
PSS Sleman
PSIS Semarang
PSM Makassar
Persija Jakarta
TIRA Persikabo
Persik Kediri
Persita Tangerang
Persiraja Banda Aceh



Baca juga artikel terkait LIGA 1 2021 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight