Info Gempa BMKG

Berita Gempa Terkini 7 Januari 2021: Sabang, Bone Bolango, Bengkulu

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 7 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Gempa terkini Kamis, 7 Januari 2021 menurut BMKG, Sabang, Gorontalo, dan Bengkulu.
tirto.id - Badan Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada hari ini, Kamis (7/1/2021) melaporkan adanya kejadian gempa di beberapa wilayah di Indonesia, mulai dari Sabang, Bone Bolango, hingga Bengkulu. Berikut rinciannya:

Sabang, Aceh

Wilayah Sabang, Aceh diguncang gempa berkekuatan 5 magnitudo pada Kamis, 7 (7/1/2021) sekitar pukul 08:27:29 WIB. Demikian menurut laporan dari Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika

Gempa tersebut berpusat di laut tepatnya 143 km barat laut kota Sabang, dengan titik koordinat 6.32 LU 94.1 BT dan kedalaman 73 km.

Menurut BMKG, gempa Aceh pagi ini adalah gempa dirasakan yang ke-3 sejak pagi dini hari tadi Kamis 7 Januari 2021.

Sebelum terjadi gempa Aceh, BMKG mencatat telah terjadi gempa dirasakan di Bengkulu magnitudo 5,7 pukul 00.28.35 WIB, dan gempa Teluk Tomini magnitudo 6,2 pukul 03.59.37 WIB. Selanjutnya disusul terjadi gempa Aceh magnitudo 5,0 pagi ini pukul 08.27.30 WIB.

Bone Bolango, Gorontalo

Gempa selanjutnya yaitu di wilayah Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Gempa berkekuatan 6.4 magnitudo tersebut terjadi pada Kamis, (7/1/2021) pukul 03:59:37 WIB.

Adapun titik koordinat gempat yaitu pada 0.1 LS 123.05 BT dan dengan kedalaman 131 Km. Gempa berpusat di laut 71 km Barat Daya Bone Bolango.

Gempa bumi itu dirasakan di Kota Gorontalo dalam II—III skala Mercalli (Modified Mercalli Intensity/MMI). Kota Luwuk skala II—III MMI, Kota Manado II MMI, Bolaang Mongondow Selatan II MMI.

Gempa juga dirasakan di Ternate II—III MMI, Tidore II MMI, Morowali II—III MMI, Labuha II MMI dan Boroko Bolaang Mongondow II—III MMI.

Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng laut Sulawesi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Bengkulu

Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan wilayah Bengkulu dan sekitarnya diguncang gempa tektonik dengan magnitudo 5,7 pada hari Kamis, 7 Januari 2021 pukul 00.28.35 WIB.

Episenter gempa Bengkulu ini terletak pada koordinat 4,44 LS dan 102,51 BT tepatnya di laut pada jarak 40 km arah Selatan Kota Tais, Kabupaten Seluma, Bengkulu, pada kedalaman 64 kilometer.

Menurut Daryono, berdasarkan lokasi episenter dan kedalamannya, gempa Bengkulu ini termasuk dalam klasifikasi gempa menengah akibat adanya deformasi batuan pada slab Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi ke bawah Lempeng Eurasia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergeseran naik (thrust fault)," ujarnya. Berdasarkan pemodelan shake map dan laporan masyarakat, guncangan gempa dirasakan cukup kuat di Kota Bengkulu IV-V MMI menyebakan beberapa warga terbangun dari tidur.

Di daerah Manna IV MMI, Kepahiang III-IV MMI, Lubuk Linggau, Pagar Alam, Argamakmur, Rejang Lebong, Bengkulu Tengah, dan Lahat III MMI, Pesisir Barat dan Liwa II-III MMI.

Belum ada laporan kerusakan akibat gempa dan gempa ini tidak berpotensi tsunami Hingga pukul 01.00 WIB pagi dini hari ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock).


Baca juga artikel terkait INFO GEMPA HARI INI atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight