Berikan Kultum, Ma'ruf Amin Ucapkan Rasa Syukur dengan Hasil Pemilu

Oleh: Riyan Setiawan - 17 Mei 2019
Cawapres nomor urut 01 memberikan kultum saat acara buka puasa bersama TKN dan para pendukungnya di Posko perjuangan Jokowi-Ma'ruf.
tirto.id - Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 01, Ma'ruf Amin memberikan ceramah kuliah tujuh menit (kultum) menjelang buka puasa bersama anggota Tim Kampanye Nasional (TKN), influencer dan para awak media di Posko perjuangan Jokowi-Ma'ruf di Jalan Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (17/5/2019).

Acara buka puasa bersama itu bertajuk "Merajut Kembali Tali Batin Kebangsaan, Gotong Royong bangun Negeri". Berdasarkan pantauan Tirto, Ma'ruf mulai melakukan ceramah sekitar pukul 17.35 WIB.

Pada kultumnya itu, pertama-tama Ma'ruf Amin mengucapkan terima kasih kepada awak media yang telah membantu paslon 01, Jokowi-Ma'ruf mencapai apa yang diinginkan.

"Saya ucapkan terima kasih pada para wartawan, awak media, yang telah membantu kita semua sehingga pasangan 01, Jokowi-Ma'ruf mencapai apa yang dicapai, mencapai maksimal. Saya ucapkan terima kasih segala apa yang diberikan," ujarnya saat mengisi kultum di Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (17/5/2019).

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) non aktif ini merasa bersyukur, berdasarkan hasil quick count beberapa lembaga survei, paslon 01 memperoleh kemenangan. Dirinya pun berharap, agar hasil real count dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak jauh berbeda.

"Ini semua harus kita syukuri. Kata Allah SWT, 'Kalau kamu syukur, akan saya tambahkan lagi'. Maka kita harus bersyukur terhadap nikmat-nikmat ini," kata Ma'ruf.

Kemudian, dirinya mengucapkan puji syukur bahwasanya Pemilu 2019 ini berjalan dengan aman. Sehingga kondisi masyarakat saat ini masih waras.

"Kita harapkan setelah diumumkan [Hasil rekapitulasi suara], pemilu berjalan dengan aman. Kemudian setelah itu, kita kembali damai," ucapnya.

Memasuki waktu Magrib sekitar pukul 17.46 WIB, Ma'ruf Amin pun mengajak seluruh tamu yang datang untuk membaca doa buka puasa. Kemudian ia pun memimpin doa buka puasa bersama ketika memasuki waktu Magrib.


Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno