Benyamin Sueb dalam Ingatan Rano Karno: Ingin Si Doel Jadi Gubernur

Oleh: Alexander Haryanto - 22 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Benyamin Sueb dalam film "Si Doel Anak Sekolahan" pernah ingin anaknya (Rano Karno) menjadi gubernur.
tirto.id - Sosok Benyamin Sueb, seniman asal Betawi dirayakan dalam Google Doodle hari ini, Selasa 22 September 2020. Ia adalah seniman multi-talenta dan dikenal sebagai aktor, komedian, penyanyi, penulis lagu, sutradara sampai produser film.

Dari sekian banyak film yang telah ia perankan, barangkali generasi sekarang mengenalnya sebagai Babe Sabeni, ayah dari Rano Karno dalam film Si Doel Anak Sekolahan.

Film yang tayang perdana di stasiun televisi RCTI pada tahun 1994 ini berisi 162 episode dan 7 musim. Namun, pada tahun 2000, sinetron ini dipindahkan dari RCTI ke Indosiar hingga tamat pada tahun 2004.

Secara singkat, film yang diproduksi oleh Karnos Film ini menceritakan tentang kehidupan Doel (Rano Karno) dalam keluarga Betawi yang tetap mempertahankan nilai-nilai tradisional walaupun diterpa derasnya arus modernisasi di ibu kota Jakarta.

Selain Rano dan Benyamin, sinetron ini juga diperankan oleh Mandra, Suti Karno, Basuki, Maudy Koesnadi, Cornelia Agatha dan Aminah Cendrakasih. Namun, peran Benyamin dalam film Si Doel Anak Sekolahan tidak terlalu lama karena pada tanggal 5 September 1995, ia meninggal dunia akibat serangan jantung.

"Saya masih ingat waktu itu, sebelum beliau meninggal, pas tanggal 5 September, saya ada di Yogya masih pegang acara. Kira-kira jam 2 pagi saya baru tidur, jam 6 pagi saya ditelepon dia. Dia bilang kalau ada apa-apa Doel lu terusin," kata Rano mengenang Benyamin sebagaimana dikutip dari akun YouTube Antaranews.

"Singkat kata saya tidur, jam 2 siang saya dibangunin, dapat kabar kalau beliau (Benyamin) kena serangan jantung, saya langsung pulang dan mampir ke RS Harapan Kita," lanjut Rano.

Rano bilang, persahabatannya dengan Benyamin sudah dimulai sejak ia masih kecil, tepatnya sekitar tahun 1970-an. "Khusus buat Babe ini, saya pribadi mungkin terlalu kenal karena saya tinggal di Kemayoran [...] itu memang daerah seniman-seniman Betawi. Jadi terlalu banyaklah kenangan."

Ingin Doel Jadi Gubernur


Dalam buku Rano Karno - Si Doel yang ditulis oleh Gol A Gong, Rano Karno pernah membongkar salah satu dialognya dengan Benyamin dalam film Si Doel Anak Sekolahan. Kala itu, Benyamin sempat berharap bahwa kelak si Doel jadi gubernur.

"Eh Doel makanya gue sekolahin lu supaya pintar jangan bodoh kayak gue, jangan cuma jadi supir oplet aja lu, jadi dong gubernur gitu," kata Benyamin dalam film Si Doel Anak Sekolahan.

Kelak, apa yang disampaikan oleh Benyamin menjadi kenyataan karena Rano Karno benar-benar menjadi Gubernur Banten. Awalnya, Rano adalah Wakil Gubernur Banten yang terpilih mendampingi Ratu Atut untuk periode 2012-2017.

Namun, saat Ratu Atut dipenjara karena terbukti bersalah melakukan korupsi, Rano naik ke posisi gubernur untuk menggantikannya. Kendati demikian, karier Rano sebagai gubernur tidak bertahan lama. Ia kalah dalam pemilihan gubernur untuk periode berikutnya.

Selesai dalam dunia politik, Rano kembali aktif dalam dunia film. Pada Agustus 2018, ia merilis kembali film layar lebar berjudul Si Doel The Movie yang mengangkat kisah cinta antara Si Doel, Zainab (Maudy Koesnadi) dan Sarah (Cornelia Agatha) setelah 14 tahun berpisah.

Pada 2019, mereka kembali merilis Si Doel The Movie 2. Setahun kemudian, mereka merilis Akhir Kisah Cinta Si Doel, film ini berhasil menjadi box office Indonesia karena berhasil ditonton lebih dari 1 juta orang setelah penayangan 10 hari di bioskop.


Baca juga artikel terkait RANO KARNO atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Film)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight