Bentuk Protes Peternak di Yogya: Bagikan 5.000 Ayam Secara Gratis

Oleh: Irwan Syambudi - 24 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Poster aksi bagi-bagi 5.000 ekor ayam secara gratis tersebar di media sosial, hal ini merupakan bentuk protes terhadap anjloknya harga ayam.
tirto.id - Asosiasi Peternak Ayam Yogyakarta (Apayo) akan melakukan aksi protes atas anjloknya harga ayam potong di tingkat peternak. Aksi akan dilakukan dengan membagi-bagikan 5.000 ekor ayam secara cuma-cuma.

Ketua Apayo, Hari Wibowo mengatakan daripada ayam dijual tapi membuat peternak merugi, maka lebih baik ia bagikan ke masyarakat. "Saya pengin menggugah masyarakat kalau peternak ayam merugi," katanya saat dihubungi reporter Tirto, Senin (24/6/2019).

Hari menjelaskan, harga ayam di pasaran saat ini berkisar Rp29.000-Rp30.000. Padahal, di tingkat peternak, para pedagang hanya membeli ayam dengan harga Rp7.000-Rp8.000.

"[Kalau dari peternak Rp7.000-Rp8.000] harusnya idealnya Rp15.000 di pasaran, tapi ternyata ini kan Rp30.000 berarti sudah di luar nalar," ujar Hari.

Kondisi harga yang timpang ini, kata Hari, terjadi sejak September 2018. Hal ini membuat para peternak merugi hingga akhirnya ada yang sampai berhenti untuk memelihara ayam.

"Para peternak banyak yang takut untuk memelihara ayam lagi. Peternak biasanya memelihara ayam sekitar 3.000 ekor sampai 5.000 ekor. Rata-rata setiap ekornya peternak rugi sampai Rp20.000," kata dia.

Hari mengaku heran kenapa para pedagang tidak mau menaikkan harga beli di tingkat peternak. Padahal, selisih harga antara di peternak dan di pasaran sudah sangat tinggi.


"Saya juga heran, kenapa pedagang tidak mau menaikkan harga, padahal di pasar harganya tinggi. Ya, idealnya Rp18.000 hingga Rp20.000, itu peternak untung," katanya.

Permasalah timpangnya harga ayam ini sudah dilaporkan ke Dinas Pertanian Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang mengurus bidang peternakan. Namun, sampai saat ini, laporan tersebut belum ada kejelasan.

Harusnya, menurut dia, Dinas Perdagangan juga turun tangan untuk bisa mengatasi persoalan ini dengan membuat aturan tentang batas harga ayam di tingkat peternak maupun di pasaran.

Sebelumnya, tersebar di media sosial poster aksi bagi-bagi 5.000 ekor ayam secara gratis yang dilakukan Apayo. Aksi tersebut akan diselenggarakan pada Rabu (26/6/2019). Hari membenarkan poster tersebut dibuat oleh Apayo.

"[Pembagian] 5.000 ekor [ayam] titiknya di empat titik yaitu Balai Kota [Yogyakarta], Depan Pamungkas Kridosono, Parkiran Sriwedari Taman Pintar, sama di Alun-alun Utara," ujarnya.


Baca juga artikel terkait AYAM POTONG atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight