Belasan Warga Jakarta Diduga Keracunan Gas CO2 di Sebuah Klinik

Oleh: Addi M Idhom - 20 Juli 2018
Belasan warga di Jakarta Utara harus dirawat di rumah sakit karena diduga mengalami keracunan gas CO2.
tirto.id - Belasan orang dievakuasi ke rumah sakit karena diduga mengalami keracunan gas karbon dioksida (CO2) di sebuah klinik, pada sekitar pukul 18.18 WIB, Jumat (20/7/2018).

"Sebanyak 11 korban sudah dibawa ke dua rumah sakit yakni RS Kelapa Gading dan Pluit. Saat ini situasi sudah terkendali dan aman," kata Kasudin Pemadam Kebakaran Jakarta Utara Satriadi Gunawan sebagaimana dilansir Antara.

Peristiwa itu tepatnya terjadi di klinik “Chloe Kalena Laser & Skin", Jalan Boulevard Barat Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Menurut Satriadi, Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara mengerahkan 2 unit tim penyelamat dan 15 petugas untuk mengevakuasi para korban. Selain itu delapan unit ambulans juga dikerahkan.

Dia menambahkan, kondisi para korban masih dalam keadaan sadar saat dievakuasi ke rumah sakit.

“Sudah selesai diamankan sekitar pukul 21.00 WIB," kata Satriadi.

Satriadi mengatakan dugaan awal korban keracunan gas karbon dioksida akibat pemboran saluran air. Karena itu, selain mengevakuasi korban, petugas Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara juga mensterilkan udara di sekitar lokasi kejadian.

Para korban yang dirawat di Rumah Sakit Gading Pluit mencapai lima orang dengan gejala "Dyspneu, Nausea Vomitus dan Headache". Sejumlah korban lain yang dirawat di Rumah Sakit Mitra Kelapa Gading juga mengalami gejala hampir sama.


Baca juga artikel terkait KERACUNAN GAS atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: antara
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Addi M Idhom