Bela Sungkawa Jokowi untuk Tjahjo Kumolo: Sosok Tenang & Sederhana

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 1 Jul 2022 16:44 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Jokowi menilai sosok MenPAN-RB Tjahjo Kumolo sebagai tokoh yang tenang dan sederhana dalam hidupnya.
tirto.id - Presiden Joko Widodo mengucapkan bela sungkawa atas kepergian Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo. Jokowi menilai Tjahjo sebagai sosok nasionalis berintegritas serta mengabdikan diri bagi bangsa dan negara.

"Inna illahi wa innaillaihi raji'un, saya atas nama pribadi, keluarga, bangsa dan negara menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya saudara kita, sahabat kita Bapak Tjahjo Kumolo, Menteri PAN-RB hari ini jumat 1 juli 2022 pukul 11 lebih 10 menit di Jakarta," kata Jokowi dalam keterangan video yang diunggah akun Youtube Sekretariat Presiden di Youtube, Jumat (1/7/2022).

Jokowi menilai Tjahjo adalah tokoh yang tenang dan sederhana dalam hidup. Jokowi pun mendoakan agar Tjahjo mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT. Ia juga berdoa semoga keluarga diberikan ketabahan setelah kepergian Tjahjo Kumolo.

"Semoga almarhum pak Tjahjo Kumolo mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah Subhanahu wa ta'ala dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan amin Ya Rabbal Alamin," kata Jokowi.

KUNJUNGAN MENDAGRI DI BOYOLALI
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memberikan sambutan dalam pembukaan Seminar Nasional Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Provinsi Jawa Tengah di Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (14/20/2018). ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho


Jokowi mengucapkan belasungkawa melalui video, lantaran masih berada di luar negeri. Ketidakhadiran Jokowi lantas diwakili Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Wapres Ma'ruf Amin datang langsung ke KemenPAN-RB pada sore hari untuk menyalatkan jenazah Tjahjo Kumolo di Masjid Quba, Kompleks Kantor Kementerian PAN-RB.

Wapres Ma'ruf Amin yang baru tiba di Bandara Soekarno Hatta dari Mataram, Nusa Tenggara Barat sekitar pukul 15.15 WIB tersebut langsung berangkat menuju kantor Kementerian PAN-RB di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Setelah disalatkan, jenazah Tjahjo Kumolo akan diberangkatkan dan diupacarakan dengan penghormatan kebesaran militer di Taman Makam Pahlawan Kalibata.


Baca juga artikel terkait TJAHJO KUMOLO MENINGGAL atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Bayu Septianto

DarkLight