Beberapa Ulama Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019

Oleh: Hendra Friana - 6 Oktober 2018
Dibaca Normal 1 menit
Habib Ahmad Alhabsyi, KH Muhammad Ghufron, KH Maksum Hasyim, KH Faisol Amrullah, Habib Mahdi Alhered, Habib Muhammad Habibi, serta KH Sonhaji Abd Shomad deklarasi dukung Jokowi-Ma'ruf.
tirto.id - Sejumlah habib dan ulama dari berbagai wilayah menyambangi kediaman calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'aruf Amin, di Jl Situbondo, 12, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (6/10/2018).

Beberapa Habib dan ulama yang di antaranya Habib Ahmad Alhabsyi, KH Muhammad Ghufron, KH Maksum Hasyim, KH Faisol Amrullah, Habib Mahdi Alhered, Habib Muhammad Habibi, serta KH Sonhaji Abd Shomad.

Pertemuan yang berlangsung sejak pukul 15.30 WIB itu berlangsung di kediaman Ma'ruf selama kurang lebih dua jam.

Usai pertemuan, mereka menemui awal media yang telah berkumpul di pelataran rumah Ma'aruf untuk konferensi pers. Mereka juga mendeklarasikan dukungan kepada pasangan capres-cawapres Joko-Ma'ruf.

Deklarasi itu dibacakan oleh KH Ahmad Badawi Basyir, pengasuh pesantren Darul Falah, Jekulo, Kudus Jawa Tengah.

Menanggapi dukungan tersebut, Ma'aruf merasa bersyukur dan berterima kasih kepada para ulama dan Habib tersebut. Ia berharap, dukungan itu dapat membawanya memenangkan kontestasi Pilpres 2019 bersama Joko Widodo.

Ia juga meminta para ulama dan Habib di Indonesia senantiasa berjuang mendidik umat dan menjaga bangsa ini dari berbagai ancaman.

"Di antara tugas ulama itu himayatul Ummah, menjaga umat, menjaga bangsa ini agar senantiasa bersatu padu dan bersinergi untuk kemaslahatan bangsa dan negara Indonesia," ujar Ma'aruf.

Berikut bunyi deklarasi dukungan tersebut:

Kami Ulama dan Habib se-Indonesia dengan ini menyatakan:

Pertama, siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
Ke dua, siap menjunjung tinggi harkat dan martabat Bangsa dengan berupaya sekuat tenaga dalam menciptakan iklim politik yang aman, sejuk dan damai, serta berusaha tetap menjaga kerukunan antar umat beragama.

Ketiga, siap merawat keharmonisan hubungan antar warga negara, bersikap toleran dan saling menghormati setiap perbedaan pilihan politik.

Keempat, siap mendorong seluruh elemen masyarakat agar melaksanakan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif 2019, tanpa hoax, politisasi SARA dan politik uang.

Kelima, siap memenangkan pasangan Ir. Joko Widodo- KH. Ma'ruf Amin dalam kontestasi Pilpres 2019.

Keenam, siap mengajak jama'ah dan menyampaikan kepada umat agar tetap tunduk dan patuh terhadap peraturan dan perundangan-undangan yang berlaku di Indonesia.



Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Politik)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Yantina Debora