Batik Air Akui Terbangkan Penumpang Lebih dari 50 Persen di Soetta

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 14 Mei 2020
Dibaca Normal 2 menit
Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro mengakui jumlah penumpang yang diangkut Batik Air --Lion Air Grup-- melebihi 50 persen.
tirto.id - Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro mengakui jumlah penumpang yang diangkut Batik Air, member dari Lion Air Grup melebihi 50 persen dari kapasitas yang sudah ditentukan oleh Kementerian Perhubungan.

“Untuk jumlah tamu yang diterbangkan pada penerbangan tertentu (lebih dari 50%), disebabkan atas situasi perubahan periode perjalanan dari beberapa tamu atau penumpang dikarenakan kebutuhan mendesak serta perjalanan grup dari keluarga atau rombongan (group booking) yang menginginkan dalam satu penerbangan dengan duduk berdekatan (satu baris),” kata Danang dalam keterangan resmi yang diterima Tirto (14/5/2020).

Danang berkata, pihaknya berupaya mengakomodir kebutuhan perjalanan udara para tamu. Danang mengatakan, meski untuk beberapa penerbangan kapasitas orang yang diangkut lebih dari 50 persen, tapi perusahannya sudah mengoptimalkan pengaturan jarak aman penumpang dalam kabin pesawat pada penerbangan.

“Ada physical distancing di dalam pesawat. Seluruh tamu atau penumpang wajib menggunakan masker sesuai aturan protokol kesehatan," kata dia.

Pada hari ini, Batik Air sudah mengoperasikan 14 perjalanan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta. 14 perjalanan tersebut diantaranya:

  1. Penerbangan ID-7271 Soekarno-Hatta – Balikpapan – Tarakan, jadwal keberangkatan 06.30 WIB menerbangkan tiga tamu bisnis dan 86 tamu kelas ekonomi.
  2. Penerbangan ID-6872 Soekarno-Hatta – Palembang, jadwal keberangkatan 07.00 WIB, menerbangkan 37 tamu kelas ekonomi.
  3. Penerbangan ID-6370 Soekarno-Hatta – Surabaya, jadwal keberangkatan 07.00 WIB, menerbangkan tiga kelas bisnis dan 75 tamu kelas ekonomi.
  4. Penerbangan ID-6262 Soekarno-Hatta – Makassar, jadwal keberangkatan 07.00 WIB, menerbangkan dua tamu bisnis dan 79 tamu kelas ekonomi.
  5. Penerbangan ID-6235 Soekarno-Hatta – Banjarmasin, jadwal keberangkatan 07.00 WIB, menerbangkan dua tamu bisnis dan 35 tamu ekonomi.
  6. Penerbangan ID-6280 Soekarno-Hatta – Manado, jadwal keberangkatan 07.00 WIB, menerbangkan tiga tamu bisnis dan 79 tamu kelas ekonomi.
  7. Penerbangan ID-6814 Soekarno-Hatta – Padang, jadwal keberangkatan 07.15 WIB, menerbangkan 16 tamu kelas ekonomi.
  8. Penerbangan ID-7581 Soekarno-Hatta – Malang, jadwal keberangkatan 07.45 WIB, menerbangkan 16 tamu kelas ekonomi.
  9. Penerbangan ID-6506 Soekarno-Hatta – Denpasar, jadwal keberangkatan 08.00 WIB, menerbangkan enam tamu bisnis dan 100 tamu kelas ekonomi.
  10. Penerbangan ID-6882 Soekarno-Hatta – Kualanamu, jadwal keberangkatan 08.00 WIB, menerbangkan 87 tamu kelas ekonomi.
  11. Penerbangan ID-6356 Soekarno-Hatta – Semarang, jadwal keberangkatan 09.20 WIB, menerbangkan satu tamu kelas bisnis dan 57 kelas ekonomi.
  12. Penerbangan ID-6256 Soekarno-Hatta – Samarinda, jadwal keberangkatan 10.50 WIB, menerbangkan tiga tamu kelas bisnis dan 35 tamu kelas ekonomi.
  13. Penerbangan ID-6862 Seokarno-Hatta – Batam, jadwal keberangkatan 10.50 WIB, menerbangkan dua tamu bisnis dan 38 tamu kelas ekonomi.
  14. Penerbangan ID-6854 Soekarno-Hatta – Pekanbaru, jadwal keberangkatan 12.00 WIB, menerbangkan 39 tamu kelas ekonomi.
Danang menuturkan, menurut data reservasi jumlah calon tamu lebih dari angka tersebut.

Hal ini sebagai salah satu upaya antisipasi dalam mengakomodir kebutuhan bepergian menggunakan pesawat udara apabila terjadi penolakan kelengkapan dokumen perjalanan bagi calon tamu di terminal keberangkatan.

"Penumpang bisa melakukan proses pengajuan pengembalian dana alias refund serta memberikan kesempatan bagi calon tamu untuk dapat memilih penerbangan berikutnya," terang dia.

Kondisi Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Kamis (14/5/2020) pagi mendapat sorotan public karena dipadati penumpang.

Senior Manager Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga menjelaskan, pada Rabu, 14 Mei 2020, sempat terjadi antrean calon penumpang pesawat di posko pemeriksaan dokumen perjalanan.

Posko tersebut terletak di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 04.00 WIB, lalu sekitar pukul 05.00 WIB sudah tidak terjadi lagi antrean lagi hingga sekarang.

Meski ada antrean, kata dia, personel PT Angkasa Pura II telah berupaya penuh mengatur antrean namun calon penumpang pesawat yang datang cukup banyak di Terminal 2 Gate 4.

“Antrean di posko verifikasi dokumen terjadi mulai pukul 04.00 WIB, di mana calon penumpang memiliki tiket pesawat untuk penerbangan antara pukul 06.00 - 08.00 WIB. Di antara pukul tersebut terdapat 13 penerbangan dengan keberangkatan hampir bersamaan, yaitu 11 penerbangan Lion Air Group dan 2 penerbangan Citilink," terang dia dalam keterangan resmi yang diterima Tirto, Kamis (14/5/2020).


Baca juga artikel terkait BATIK AIR atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Abdul Aziz
DarkLight