Baskara Putra "Hindia" Rilis Lagu Baru 'Setengah Tahun Ini'

Oleh: Ega Krisnawati - 16 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Hindia merilis lagu "Setengah Tahun Ini" sebagai penutup album Menari Dengan Bayangan.
tirto.id - Sebagai penutup album Menari Dengan Bayangan, Hindia merilis lagu "Setengah Tahun Ini" pada Rabu (15/7/2020). Hindia adalah nama proyek solo dari Baskara Putra, vokalis grup band .Feast.

Menurut Baskara, lagu tersebut sebagai manifestasinya selama satu semester di tahun 2020. Manifestasi tersebut tergambar dari lirik-lirik yang dia suguhkan, di antaranya kasus penanganan pandemi, kasus omnibus law yang tidak segera diurusi lagi oleh pemerintah. Selain itu, kredibilitas staf khusus istana yang dipertanyakan, dan rasa kehilangan yang mendalam terhadap kematian mendiang Glen Fredly.

“'Setengah Tahun Ini' sebagai rangkuman dari apa yang gua rasakan, kehidupan sosial, selama enam bulan ke belakang,” ujar Baskara Putra seperti dikutip Antara.

Baskara pun bercerita, bahwa ia memutuskan lagu “Setengah Tahun Ini” untuk menjadi penutup album Menari Dengan Bayangan. Sehingga, masih banyak lirik lagu sebelumnya yang kembali dipakai pada lagu “Setengah Tahun Ini”.

Tidak hanya itu, aransemen lagu “Setengah Tahun Ini” pun berbeda dengan lagu lainnya. Sebab, mengandung unsur paduan suara sebagai penguat lagu. Sehingga penutup album Menari Dengan Bayangan tersebut dapat dikatakan sebagai isyarat Hindia memasuki fase bermusik selanjutnya.

“Sebelumnya, lagu ini ada unsur gitar akustiknya. Tapi karena gua pikir terlalu mainstream, jadi gua ubah dengan adanya warna musik choir di dalam lagu,” ujar Baskara Putra.

Pada November 2019 lalu, Hindia merilis album Menari Dengan Bayangan. Baskara mengatakan, album ini ia bikin karena terinspirasi saat menonton konser salah satu musisi favoritnya, yakni John Mayer.

“Tiba-tiba pulang dari konser itu, gue berpikir banyak sampai tidak bisa bangun," kata Baskara seperti dilansir Antara, Jumat, 29 November 2019.

"Selama kontemplasi dalam dua minggu itu, gue mulai berpikir kayak, ‘Apa saja yang sudah gue alami di hidup ini yang mungkin bikin gue jadi kayak ini sekarang? Apa yang salah? Apa yang bisa lebih baik lagi?’," lanjutnya.

Dalam proses pembuatan album ini, Baskara dibantu oleh banyak produser musik seperti Petra Sihombing, Rizky Indriyadi, Kareem Soenharjo, serta enam produser lainnya.

Tidak hanya itu, Baskara pun berkolaborasi dengan beberapa musisi, di antaranya Sal Priadi, Rara Sekar, dan lima musisi lainnya. Album Menari Dengan Bayangan sudah menghasilkan 15 lagu di antaranya “Secukupnya”, “Rumah ke Rumah”, “Evakuasi”, “Evaluasi”, dan ditutup dengan “Setengah Tahun Ini”.



Baca juga artikel terkait HINDIA atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight