Bursa Transfer

Barcelona Gaet Hiroki Abe, Rookie Terbaik Liga Jepang 2018

Oleh: Permadi Suntama - 12 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hiroki Abe, yang saat ini berusia 20 tahun, tinggal melakukan tes medis sebelum diresmikan sebagai penggawa Barcelona.
tirto.id - Hiroki Abe resmi hijrah ke Barcelona setelah Kashima Antlers menyetujui proses transfer rookie terbaik Liga Jepang 2018 ini pada Jumat (12/7/2019).

Abe, yang saat ini berusia 20 tahun, tinggal melakukan tes medis sebelum diresmikan sebagai penggawa Barcelona.

Melansir Foxsports Asia, pemain lulusan Akademi Kashima Antlers itu merupakan target jangka panjang Blaugrana dan akan bermain di Barcelona B pada musim depan.

Abe menyebut bahwa Barcelona sebagai pilihan yang sulit untuknya, tetapi tetap yakin ia dapat menghadapi tantangan tersebut.

“Ini adalah keputusan yang sulit untuk meninggalkan tim [Kashima Antlers] tetapi saya telah memutuskan untuk pindah ke FC Barcelona, karena saya percaya berbagai tantangan yang akan saya hadapi saat ini benar-benar diperlukan untuk perkembangan saya,” pernyataan Abe di situs web resmi Kasima Antlers dikutip Foxsports Asia.

Abe yang baru memperkuat Kashima Antlers selama 2 musim, berhasil membantu klubnya meraih gelar juara Liga Champions Asia 2018. Sementara di Liga Jepang (J1 League) ia berhasil membawa Kashima Antlers berada di peringkat 3 klasemen akhir.

Mengenai nilai transfer pemain kelahiran Tokyo, 28 Januari 1999 itu sayangnya tidak diumumkan.


2 musim bersama Kashima Antlers, Abe sudah melakoni 46 laga bersama kampiun Liga Jepang 2016 itu. Penampilan apiknya bersama klub pun membuat ia dipanggil timnas Jepang dalam gelaran Copa Amerika 2019 di Brasil dan selalu bermain di 3 laga fase grup, kendati gagal memberi kemenangan untuk Samurai Biru.

Sementara itu, dikutip Marca, Abe menyebut pengalamannya di Kashima akan dijadikan modal berharga untuk berkarir di Eropa. Ia pun menyebut akan terus mengembangkan permainan sepak bolanya dan mencoba menunjukkannya di atas lapangan.

"Berdasarkan pengalaman di Kashima, saya akan mencari [dan menunjukkan kemampuan] sepak bola saya hari demi hari, atau momen demi momen," tuturnya.

Musim ini, bersama Kashima, Abe mengemas 14 penampilan dari 18 laga Kashima di J1 League dan mencetak 1 gol. Kashima saat ini berada di peringkat 4 klasemen J1 League, dengan 31 poin, tertinggal 8 poin dari FC Tokyo yang berada di puncak klasemen.

Selain itu, ia juga menjadi bagian penting Kashima di Liga Champions Asia dengan melakoni 7 penampilan untuk wakil Jepang. Kashima sendiri masih berpeluang untuk mempertahankan gelar setelah melaju ke perempat final dan akan bertemu Guangzhou Evergrande.

Namun, Abe tidak akan menjadi bagian dari klubnya itu karena memilih bergabung dengan Barcelona pada bursa transfer musim panas 2019.


Baca juga artikel terkait BURSA TRANSFER PEMAIN atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Permadi Suntama
DarkLight