Liga Spanyol

Barcelona Bisa Juara Liga Spanyol 2018/2019 Tengah Pekan Ini

Oleh: Beni Jo - 23 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jika menang melawan Alaves pada Rabu (24/4) dan Atletico kalah saat menghadapi Valencia pada Kamis (25/4), maka Barcelona akan memastikan gelar Liga Spanyol tengah pekan ini.
tirto.id - Barcelona berpeluang meraih gelar La Liga Spanyol 2018/2019 tengah pekan ini engan dua syarat. Mereka mampu mengalahkan Alaves dalam duel di Mendizorroza pada Rabu (24/4/2019) dan Atletico Madrid menelan kekalahan saat melawan Valencia di Wanda Metropolitano pada Kamis (25/4).

Blaugrana saat ini sudah meraup 77 poin dari 33 laga yang dilakoni di Liga Spanyol. Mereka unggul sembilan angka atas Atletico Madrid di posisi kedua. ATM sendiri sudah mengumpulkan 68 poin. Kemenangan Barca pada tengah pekan ini dan jika ATM menelan kekalahan, akan memastikan gelar juara untuk klub asal Catalunya tersebut.

"Tim harus mendapatkan tiga poin di Mendizorroza melawan Alavés, dan kemudian menunggu untuk melihat apakah Atletico Madrid kalah melawan Valencia di Wanda Metropolitano. Jika situasi ini terjadi, Barcelona akan menjadi juara," bunyi pernyataan Barcelona dikutip laman resmi mereka.

La Liga 2018/2019 sendiri tinggal menyisakan lima laga lagi termasuk pekan 34 besok. Tambahan tiga poin akan membuat Azulgrana meraup 80 angka. Sebaliknya, jika ATM kalah dari Valencia, maka nilai mereka akan tetap 68 poin. Angka maksimal yang bisa dicapai dalam 4 laga sisa adalah 12, yang berarti sejajar Barca.

Hanya saja, Liga Spanyol menggunakan sistem head to head ketika ada dua tim yang memiliki nilai yang sama. Dalam hal ini, Barcelona unggul. Pasalnya, ketika kedua tim bermain di Wanda Metropolitano, skor imbang 1-1 tercopta. Sementara, di Camp Nou, Barca menang 2-0, sehingga klub Catalunya unggul head to head 3-1.

Namun, jika Atletico menang dalam laga melawan Los Che, Barca harus menunda pestanya hingga menunggu laga pekan 35 saat menjamu Levante di Camp Nou pada (27/4) mendatang.

Ernesto Valverde selaku juru taktik Barcelona menyatakan bahwa pertandingan menghadapi Alaves akan berlangsung cukup sulit bagi timnya. Tetapi, dirinya mengaku ingin meraih gelar Liga Spanyol pada tengah pekan ini.

"Idealnya kami ingin memenangkan liga pertengahan pekan ini, tetapi kami akan bermain melawan tim yang bersaing untuk tiket di Liga Eropa sehingga itu akan menjadi pertandingan yang cukup sulit," beber Valverde dikutip Marca Selasa (23/4).

"Setiap pelatih pasti menginginkan liga diselesaikan secepat mungkin, tetapi kami harus menunggu dan melihat apakah kami mampu melakukannya atau tidak. Saya harap kami memenangkannya dengan selisih yang aman seperti yang kami lakukan tahun lalu, tetapi kami akan lihat nanti," tambah pelatih berusia 55 tahun itu.

Barca sendiri melakoni pertandingan di kompetisi domestik La Liga musim ini dengan meraih 23 kali kemenangan, delapan kali imbang, dan dua kali kalah. Mereka total mencetak 83 gol dan kebobolan 32 kali dengan selisih gol +51. Sedangkan ATM sebagai tim terdekat dengan 68 poin mempunyai selisih gol sebanyak +27.



Baca juga artikel terkait LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus