Ligue 1 2019/2020

Bantu Klub Liga Perancis Terdampak COVID-19, LFP Pinjam Dana

Oleh: Beni Jo - 5 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
LFP meminjam dana untuk membantu klub-klub Liga Perancis yang terdampak pandemi Corona atau COVID-19.
tirto.id - LFP (Ligue de Football Professionnel) atau operator Liga Perancis mengambil langkah dengan melakukan pinjaman untuk membantu klub-klub yang terdampak pandemi Corona atau COVID-19. Dana 225 juta euro dengan jaminan negara bakal dikucurkan setelah kompetisi Ligue 1 2019/2020 resmi dihentikan.

"Terima kasih untuk pinjaman ini, LFP akan dapat memberikan dana tersisa dari hak siar untuk musim 2019/2020 kepada klub-klub Ligue 1 dan Ligue 2," bunyi pernyataan LFP, seperti melansir Antara, Selasa (5/5/2020).

Kebijakan yang diambil oleh LFP demi menyelamatkan klub-klub yang berlaga di dua kompetisi level teratas di Perancis. Artinya, 40 tim yang tampil pada ajang Ligue 1 dan Ligue 2 bakal memperoleh dana pinjaman.

Klub-klub tersebut dikabarkan mengalami kesulitan keuangan setelah sejumlah pemasukan, termasuk hak siar, penjualan tiket, maupun sponsor, dipastikan berakhir sebagai dampak berhentinya kompetisi musim 2019/2020.

Canal Plus dan beIN Sport, dua mitra yang selama ini menjalin kerja sama untuk kompetisi Ligue 1 dan Ligue 2, disebut menolak untuk memberikan uang pembayaran final hak siar dengan alasan kompetisi sudah dibatalkan.

Namun, pihak LFP siap untuk menggelar kesepakatan kerja sama dengan mitra barunya, yakni Mediapro, terkait gelaran musim depan yang diperkirakan dimulai pada Agustus 2020.

Terkait respons klub, beberapa tim dikabarkan sudah memulai untuk mendaftarkan diri demi memperoleh dana pinjaman.

Skema ini diperoleh dari pemerintah Perancis yang diperkenalkan sejak akhir Maret lalu dengan 70 persen dana pinjaman dijamin oleh negara tersebut untuk membantu pihak-pihak yang terdampak COVID-19.


Liga Perancis 2019/2020 Dihentikan

Seperti diketahui, kompetisi sepak bola di Perancis, yakni Ligue 1 2019/2020 dan Ligue 2 2019/2020, secara resmi dinyatakan berhenti lebih cepat untuk musim ini karena dampak pandemi.

Dalam pernyataanya pada Kamis (30/4/2020) lalu, memperhatikan keputusan yang dibuat oleh Perdana Menteri Perancis dan pemerintah setempat yang melarang aktifitas massal hingga September mendatang, LFP pun memutuskan kompetisi dihentikan.

Menilik klasemen akhir, Paris Saint-Germain (PSG) akhirnya ditetapkan sebagai juara Ligue 1 musim ini. Bagi Les Parisiens, trofi tersebut merupakan gelar yang ke 9. Dengan demikian, PSG tercatat mampu meraih 7 gelar selama 8 musim terakhir.

Sedangkan untuk Ligue 2, FC Lorient Bretagne Sud diputuskan menduduki peringkat pertama klasemen akhir. Mereka dipastikan juara dan berhak promosi ke Ligue 1 2020/2021. Lorient ditemani oleh RC Lens sebagai runner-up yang berhasil melaju ke kompetisi level teratas di Perancis.

Baca juga artikel terkait LIGUE 1 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight