Banjir Kebon Pala Setinggi 2 Meter, Warga Masih Bertahan di Rumah

Reporter: - 17 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Permukiman warga di Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta Timur, kembali terendam banjir hingga mencapai dua meter pada Senin (17/5/2021) pagi.
tirto.id - Permukiman warga yang berada di Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta Timur, kembali terendam banjir hingga mencapai dua meter pada Senin (17/5/2021) pagi.

Hasnan selaku Ketua RT 11 Kebon Pala mengatakan air sudah mulai menggenangi permukiman sejak pukul 02.00 WIB dini hari.

"Ketinggian air sekitar dua meter. Air datang sekitar jam dua pagi," kata Hasnan.

Hasnan menambahkan bahwa setidaknya terdapat sekitar 300 jiwa di wilayahnya yang terdampak dari banjir akibat luapan Kali Ciliwung tersebut.

"Untuk saat ini belum ada bantuan dari pihak kelurahan maupun pemerintah Provinsi DKI Jakarta," ujar Hasnan.

Salah seorang warga Kebon Pala lainnya bernama Joni mengatakan bahwa banjir juga menggenangi rumah-rumah panggung yang digagas oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Rumah panggung juga terendam banjir bawahnya," ujarnya.

Joni mengatakan bahwa ketinggian air perlahan sudah mulai surut dibandingkan dini hari tadi. Selain itu, para warga di lingkungannya juga masih bertahan di rumah masing-masing.

"Mereka masih bertahan di lantai dua rumah masing-masing," imbuhnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam laman web resminya mengeluarkan prediksi peringatan dini untuk sejumlah provinsi di Indonesia yang berpotensi mengalami hujan lebat pada Senin (17/5/2021).

Hujan lebat akan terjadi di sebagian besar Pulau Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera.

Selain itu, hujan dapat berpotensi di provinsi lainnya yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode pancaroba, di mana sebagian besar wilayah Indonesia telah mengalami awal musim kemarau 2021 sekitar Mei dan Juni.


Baca juga artikel terkait BANJIR JAKARTA atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Editor: Maya Saputri
DarkLight