Advertorial

Ban Premium untuk Skutik Premium

Oleh: Advertorial - 1 Oktober 2018
Dibaca Normal 1 menit
Populasi skutik premium akan mencapai 1 juta unit pada akhir tahun, dengan pertumbuhan sekitar 30% per tahun. Hal ini memperbesar kebutuhan pasar terhadap ban.
tirto.id - Satu ungkapan awanama berbunyi: “Kalau ingin bahagia sehari, minum-minumlah; kalau ingin bahagia setahun, menikahlah; dan kalau ingin bahagia selamanya, jadilah pengendara sepeda motor.”

Melihat kenyataan hari-hari ini bahwa sepeda motor, khususnya jenis skuter matik (skutik) premium, telah jadi bagian dari gaya hidup dan simbol status para pengendaranya, ungkapan itu agaknya mengandung kebenaran. Penjualan tinggi, komunitas pengendara tumbuh dan bergeliat di mana-mana. Bahkan, menurut Sigit Kumala, Ketua Bidang Niaga Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), skutik premium dengan basis mesin 150-250 cc sanggup merebut pangsa pasar motor-motor sport.

Dari daftar 10 jenis sepeda motor yang paling diminati sepanjang 2017, skutik premium Yamaha Nmax menempati peringkat keenam dengan penjualan sebanyak 282.097 unit dan Yamaha Aerox 155VVA menduduki peringkat kedelapan dengan penjualan 150.587 unit. Di sisi lain, tak ada satu pun motor sport yang masuk daftar tersebut.

Demikian pula pada semester I 2018. NMax pada peringkat kelima (199.862 unit), Honda PCX 150 pada peringkat kedelapan (72.411 unit), dan Aerox 155VVA pada peringkat kesembilan (69.825 unit).

Seiring perkembangan sepeda motor dan tren yang mengikutinya, temuan dan teknologi di industri ban pun berkembang. Perusahaan ban dalam negeri PT Multistrada Arah Sarana Tbk mengeluarkan produk teranyarnya, Corsa Platinum M5, demi memenuhi kebutuhan skutik premium yang saat ini diminati pasar.

“Menurut riset yang kami dapat, populasi skutik premium akan mencapai 1 juta pada akhir tahun, dengan pertumbuhan sekitar 30% per tahun. Kebutuhan atas ban motor akan jadi pasar yang menarik untuk dipenuhi Corsa,” kata Salomon Manalu, Brand Manager Corsa.

Diproduksi dengan compound premium (compound adalah bahan baku ban, baik karet maupun sintetik), Corsa Platinum M5 dijamin punya jarak tempuh optimal dan mampu memberikan performa handling serta daya cengkram yang sangat baik di lintasan kering maupun basah. Selain itu, dengan desain telapak ban yang sporty, performa dan tampilan saat berkendara pun semakin istimewa.

Infografik Advertorial Tersedia & Kita Membutuhkan


Bukti Ketangguhan

Untuk menjajal ketangguhan M5, Corsa memberangkatkan tim riders andalannya menjelajahi jalur tengkorak Tana Toraja, menyusuri Makassar, menyeberang ke Surabaya, dan finis di Pulau Dewata. Bekerjasama dengan Yamaha Nmax Club Indonesia (YNCI), dalam touring “Jelajah Tangguh 3” itu para pengendara akan menjelajahi keindahan Indonesia melewati 3 pulau selama kurang lebih 7 hari terhitung sejak 29 September silam.

Meski secara resmi akan diluncurkan di Bali pada 6 Oktober mendatang (bertepatan dengan ulang tahun ketiga YNCI), Andi, ketua YNCI Chapter Palopo, mendapat kesempatan untuk menguji ketangguhan Corsa M5 lebih dulu. Andi, biasa menjelajahi jalanan di kawasan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara, bergabung dengan YNCI sejak 2016. Saat menjajal Corsa M5, ia menempuh jarak sejauh 360 km.

“Setengah perjalanan sangat baik. Masuk tikungan dengan kecepatan tinggi juga masih stabil. Saya berharap saat touring nanti hujan agar bisa tes jalur basah,” katanya. “M5 didesain dengan pattern yang memaksimalkan grip, sehingga performa dan kenyamanan berkendara tak perlu diragukan lagi.”

Akhmad Nursyamsu, Head of Brand Activation and Sport Activity PT Multistrada Arah Sarana Tbk, mengaku sepanjang 2018 pihaknya sudah dua kali memberangkatkan tim Jelajah Tangguh. “Semoga misi yang dibawa riders kami dapat membuktikan ketangguhan Corsa kepada masyarakat Indonesia,” katanya.

Menjelang peluncuran M5 untuk publik, Corsa menayangkan Miss Montir, sebuah web series 3 episode di Youtube, yang memperkaya pengetahuan para pengendara dengan informasi-informasi lengkap seputar modifikasi NMax.

Bila mengendarai sepeda motor memang bisa mendatangkan kebahagiaan, alangkah baiknya bila ia disempurnakan dengan memakai ban yang andal dan terpercaya: Corsa Platinum M5. Tak perlu khawatir, sebab performa tinggi tak harus mahal. Produk ini dibandrol dengan kisaran harga eceran tertinggi (HET) Rp270.000- hingga Rp420.000.