Balik ke Jakarta Tanpa Surat COVID-19, Rumah Akan Ditempeli Stiker

Reporter: Antara - 15 Mei 2021
Selagi isolasi mandiri, Kelurahan Lenteng Agung memfasilitasi para pemudik yang sudah kembali ke Jakarta tersebut untuk melakukan tes usap antigen.
tirto.id - DKI Jakarta menerapkan kebijakan, menempeli stiker rumah para pemudik yang kembali ke Jakarta tanpa surat keterangan negatif COVID-19. Salah satu yang sudah menerapkan ialah Kelurahan Lenteng Agung.

Stiker tersebut sebagai penanda, penghuni rumah tersebut sedang menjalani isolasi mandiri.

"Kami pasangi stiker sama seperti tahun lalu, tulisannya 'pendatang mudik ini sedang menjalani isolasi mandiri 14 hari,'" kata Lurah Lenteng Agung Bayu Pasca di Jakarta, Sabtu (15/5/2021).


Pemasangan stiker itu, kata Bayu, untuk memudahkan dalam melakukan pengawasan terhadap pemudik yang baru balik ke Jakarta. Kewajiban isolasi mandiri bagi pemudik balik itu ditujukan bagi mereka yang tidak menunjukkan hasil tes negatif COVID-19.

Selagi isolasi mandiri, Kelurahan Lenteng Agung memfasilitasi para pemudik yang sudah kembali ke Jakarta tersebut untuk melakukan tes usap antigen.

"Kalau hasilnya negatif, kami copot stikernya," tuturnya.

Menurut Bayu, sekitar 125 warga di Kelurahan Lenteng Agung mudik Idulfitri 2021. Dia mengimbau warga yang baru balik ke Jakarta untuk melapor kepada RT/RW.

"Kalau warga tersebut tidak melapor, petugas akan door to door melakukan pengecekan dan pengawasan. Kami didukung Kampung Tangguh Jaya di RW 08 untuk tes usap antigen," ujarnya.

Baca juga artikel terkait PEMUDIK atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Antara
Editor: Dieqy Hasbi Widhana
DarkLight