Liga 1 2020

Bali United Resmi Lepas Irfan Bachdim ke PSS Sleman

Oleh: Iswara N Raditya - 12 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Bali United resmi melepas salah satu pemainnya musim lalu, Irfan Bachdim, ke PSS Sleman untuk Liga 1 2020.
tirto.id - Bali United resmi melepas salah satu pemainnya musim lalu, Irfan Bachdim. Anggota Timnas Indonesia ini dikabarkan akan segera merapat ke PSS Sleman untuk kompetisi Liga 1 2020. Manajemen Bali United menyatakan bahwa pihaknya telah sepakat untuk proses transfer Irfan Bachdim ke Laskar Super Elang Jawa.

Irfan Bachdim akan bergabung ke PSS Sleman dengan status bebas transfer. Pesepakbola blasteran kelahiran Amsterdam, Belanda, akhirnya meninggalkan Bali United yang diperkuatnya sejak 2017 silam setelah sebelumnya sempat malang-melintang ke Thailand dan Jepang.

"Ya, Irfan Bachdim resmi kami lepas. Setelah berkomunikasi dengan pihak PSS, kami mencapai kesepakatan untuk proses transfer Bachdim ke Sleman,” ungkap CEO Bali United, Yabes Tanuri, dikutip dari website resmi Bali United, Rabu (12/2/2020).

“Mewakili manajemen Bali United, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Irfan Bachdim atas dedikasinya selama ini bersama kami. Semoga semakin sukses di karier selanjutnya," imbuhnya.

Selama memperkuat Bali United, Irfan Bachdim tampil dalam 78 pertandingan dan mencetak 12 ditambah 12 assist Namun, mantan pemain berusia 31 tahun ini mulai kehilangan tempat di Laskar Tridatu sejak Liga 1 2019 lalu. Irfan Bachdim hanya enam kali masuk starting line up dalam total 18 kali laga.


Irfan Bachdim lahir dari ayah orang Indonesia, Noval Bachdim, dan ibu seorang wanita Belanda bernama Hester van Dijk. Lahir Amsterdam, ia melakoni karier juniornya di klub-klub Belanda seperti SV Argon, Ajax Amsterdam, dan FC Ultrecht, hingga tahun 2007.

Kakak ipar gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan, ini sempat tampil sekali bersama skuad utama FC Ultrecht sebelum pindah ke HFC Haarlem dan SV Argon sampai 2010. Selanjutnya, Irfan Bachdim kembali ke negara kelahiran ayahnya untuk bergabung dengan Persema Malang hingga 2013.

Berikutnya, Irfan Bachdim memperkuat dua klub Thailand, yakni Chonburi FC dan Sriracha FC, kemudian ke Jepang untuk membela Ventforet Kofu dan Consadole Sapporo. Tahun 2017, pengemas 39 caps dan 12 gol untuk Timnas Indonesia ini akhirnya pulang ke tanah air karena digaet Bali United.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2020 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight