Baharkam Polri Siapkan Tindak Lanjut Program Kerja Kapolri Sigit

Oleh: Adi Briantika - 29 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto menginstruksikan jajarannya segera merespons program kerja Kapolri Sigit.
tirto.id - Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto memimpin rapat 'Tindak Lanjut Program Kerja 100 Hari Kapolri dalam Bidang Harkamtibmas'. Kegiatan ini diikuti oleh para kepala korps, kepala biro dan direktur jajaran.

Ia menginstruksikan jajarannya segera merespons program kerja Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dengan menyusun program kerja, rencana aksi, dan terobosan kreatif.

"Koordinasikan dengan tim yang dibentuk Kapolri agar program kerja dan rencana aksi yang telah disusun selaras dengan kebijakan Kapolri yang telah dipaparkan," ujar Agus dalam keterangan tertulis, Jumat (29/1/2021).

Nantinya tindak lanjut tersebut akan dikategorikan menjadi jangka pendek, menengah, dan panjang, kata Agus.

Agus memberikan waktu satu pekan bagi jajarannya untuk menyusun program kerja, rencana aksi, dan terobosan itu. Setelah itu kepala korps akan memaparkannya. "Sempurnakan dan sesuaikan dengan penekanan Kapolri pada acara commander wish," sambung Agus.

Dia juga mengingatkan direktur jajaran Baharkam yang memberikan pelayanan publik, agar cepat menyediakan fasilitas yang aman, nyaman, dan memadai bagi penyandang disabilitas. Hal ini sebagai implementasi arahan Kapolri Listyo Sigit yang menginginkan pelayanan publik di kepolisian ramah anak dan penyandang disabilitas.

Pelantikan Listyo Sigit berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5/POLRI Tahun 2021 Tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia dan ditetapkan pada 25 Januari 2021.

Dia mendapat kenaikan pangkat dalam golongan perwira tinggi Polri berdasarkan Keppres Nomor 7/POLRI Tahun 2021 yang ditetapkan di Jakarta pada 27 Januari 2021. Pangkat Sigit naik satu tingkat, dari Komisaris Jenderal menjadi Jenderal. Dalam acara sertijab, Sigit mengaku jabatan ini berkonsekuensi.

Pertanggungjawaban tidak saja kepada hukum dan peraturan perundang-undangan, pemimpin negara, masyarakat dan negara, tapi juga kepada Tuhan.

"Oleh karena itu niat baik dan komitmen untuk selalu berbuat yang terbaik menjadi landasan bagi saya dalam membawa institusi Polri semakin baik ke depannya," ujar Sigit, Rabu (27/1).


Baca juga artikel terkait KAPOLRI BARU atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Abdul Aziz
DarkLight