Bahar Smith Ditahan, Fahri: Polisi Jelaskan Duduk Perkara Kasusnya

Oleh: Haris Prabowo - 20 Desember 2018
Menurut Fahri Hamzah, dengan ditahannya Bahar Smith untuk kasus yang lain tanpa penjelasan kepolisian akan memunculkan pertanyaan di masyarakat.
tirto.id - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menilai bahwa kepolisian perlu menjelaskan duduk perkara kasus Bahar bin Smith sehingga ditahan oleh polisi. Hal tersebut menurut Fahri penting agar masyarakat tidak berspekulasi dan salah paham perkara kasusnya.

"Penting bagi polisi menjelaskan apa yang terjadi, itu yang penting dulu. Supaya jangan muncul spekulasi lain di dalam masyarakat. Ungkapkan apa adanya," kata Fahri di kompleks DPR RI, Rabu (19/12/2018) pagi.

Fahri menilai Bahan bin Smith pernah pula diperiksa oleh kepolisian terkait kasus penghinaan ke Jokowi. Dengan ditahannya Bahar untuk kasus yang lain tanpa penjelasan kepolisian akan memunculkan pertanyaan di masyarakat.

"Dalam alur itu orang membacanya ini ada penargetan gitu loh. Tapi oke itu apa namanya menjadi hak kepolisian, yang saya tidak setuju adalah kalau nanti kepolisian itu menjadi rusak gara-gara tidak menjelaskan kepada masyarakat apa yang sebetulnya terjadi," kata Fahri.

Penjelasan oleh pihak kepolisian dinilai penting, karena menurut Fahri, dari kabar yang ia dengar, Bahar bin Smith hanya melakukan pembelaan diri karena sebelumnya sudah ada pihak berlaku jahat terlebih dahulu.

"Lalu dia melakukan pembelaan diri atas kejahatan yang dilakukan oleh orang. Ini kan sama kasusnya dengan Baiq Nuril yang di Lombok itu kan," katanya.


Baca juga artikel terkait KASUS PENGANIAYAAN atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Maya Saputri
DarkLight