Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Kulkas

Oleh: Dewi Sekar Pambayun - 5 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Cara menghilangkan bau tak sedap dapat dilakukan dengan menaruh barang-barang alami seperti, garam, bubuk kopi, vanili, atau lemon.
tirto.id - Kulkas merupakan barang elektronik yang berfungsi sebagai pendingin bahan pangan agar tetap segar dan lebih tahan lama. Daging sapi, ayam, sayur mayur, minuman ataupun makanan sisa yang disimpan terkadang membuat kulkas berbau tak sedap. Selain bau tak sedap, kulkas kotor juga membuat barang elektronik ini cepat rusak.

Sebenarnya bahan-bahan untuk menghilangkan bau tak sedap yang ditimbulkan sangatlah mudah didapat. Beberapa bahan pun terbuat dari bahan alami yang mudah di dapat.

Dikutip dari Samsung.com berikut ini adalah tips menghilangkan bau dengan bahan alami yang mudah di dapatkan:

1. Cuka
Cuka ternyata juga bisa berfungsi untuk menghilangkan bau tak sedap yang berada di kulkas. Cukup dengan membasahi lap dengan cairan cuka lalu digosokan ke permukaan di dalam kulkas atau beberapa sekat pada kulkas. Lalu biarkan selama 30 menit, kulkas pun kembali dengan bau yang segar dan bebas bau.

2. Lemon
Selain dapat dikonsumsi karena kandungan vitamin C yang tinggi ternyata lemon memiliki fungsi lain yaitu sebagai penghilang bau tak sedap. Hanya dengan perasaan lemon yang diletakkan di wadah lalu masukan ke dalam kulkas, tunggu selama 30 menit. Setelah itu buka kulkas dan bau tidak sedap pun hilang lalu berubah dengan bau segar khas lemon.

3. Vanili
Sebagian orang pasti menyukai aroma vanili yang khas. Selain sebagai tambahan dalam pembuatan makanan, vanili juga dapat menghilangkan bau tak sedap pada kulkas. Caranya dengan meneteskan beberapa cairan vanili pada kapas lalu letakkan pada kulkas. Tunggu selama semalam. Keesokan harinya bau pun hilang dan berubah jadi bau vanili yang manis.

4. Bubuk Kopi dan Arang
Beberapa orang kurang menyadari kalau bubuk kopi dan arang memiliki sifat menyerap bau tak sedap. Dengan meletakkan bubuk kopi dan arang pada piring kecil. Lalu letakkan di dalam kulkas, diamkan selama beberapa hari, bau tak sedap pun bakal hilang.

5. Baking Soda
Selain berfungsi sebagai tambahan pada pembuatan kue, baking soda juga dapat menghilangkan bau tak sedap di dalam kulkas. Ambil wadah atau mangkuk kecil, lalu tambahkan baking soda dengan air, letakkan pada kulkas, bau tak sedap pun bakal hilang seiring waktu.

6. Garam
Selain fungsinya sebagai pemberi rasa pada makanan, garam juga dapat berfungsi sebagai penghilang bau. Dengan satu genggam garam lalu larutkan dengan air hangat sebanyak 3 liter. Gosok permukaan kulkas dan sekat kulkas dengan spons yang sudah dicelupkan dengan larutan air garam tadi.

Pastikan garam sudah mencampur dengan air, dikhawatirkan jika masih berbentuk kasar dapat merusak lapisan permukaan dinding kulkas.

Baca juga artikel terkait KULKAS atau tulisan menarik lainnya Dewi Sekar Pambayun
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Dewi Sekar Pambayun
Penulis: Dewi Sekar Pambayun
Editor: Agung DH
DarkLight