Bagus Kahfi, Calon Top Skor Piala AFF U-16 yang Siap Pecahkan Rekor

Oleh: Hendi Abdurahman - 5 Agustus 2018
Dibaca Normal 1 menit
Torehan delapan gol dalam empat pertandingan membuat Bagus Kahfi menjadi top skor sementara Piala AFF U-16.
tirto.id - Striker Timnas Indonesia U-16, Bagus Kahfi memantapkan diri sebagai top skor sementara dalam ajang Piala AFF U-16 2018. Tambahan dua golnya pada pertandingan melawan Timor Leste Sabtu (4/8/2018) lalu membuat ia bertengger di daftar pencetak gol terbanyak. Dalam laga itu, Bagus Kahfi mencetak dua gol pada menit ke 49 dan 81. Satu gol lainnya dicetak pemain pengganti Sutan Zico di menit 72.

Sejauh ini, pemain kelahiran Magelang tersebut telah menorehkan 8 gol dari 4 penampilan. Artinya, rerata ia mencetak 2 gol dalam satu laga. Pesaing terdekatnya dalam perburuan top skor yakni striker Vietnam, Dinh Thanh Trung yang telah mencetak enam gol.

Catatan delapan gol Bagus Kahfi menyamai rekor gol di Piala AFF U-16 sebelumnya atas nama John Roberts dan Marc Moric yang keduanya berasal dari Australia. John Roberts mencatatkan torehan tersebut dua tahun berturut-turut, yakni pada 2015 dan 2016, sedangkan Marc Moric melakukannya pada 2015. Namun, dengan lolosnya Garuda Asia ke babak semifinal, serta masih menyisakan satu pertandingan terakhir di fase grup membuat peluang Bagus Kahfi untuk melewati rekor tersebut sangatlah besar.

Pada Piala AFF U-16 kali ini, Bagus Kahfi mencetak gol saat melawan Filipina (2 gol), Myanmar (2 gol), Vietnam (2 gol), dan terakhir kala bersua Timor Leste (2 gol). Di pihak lain, Din Thanh Trung yang menjadi saingan terdekatnya mencetak gol saat berhadapan dengan Indonesia (2 gol), Kamboja (1 gol), Timor Leste (2 gol) dan Filipina (1 gol).

Torehan gol Bagus diprediksi akan terus bertambah. Apalagi Kamboja yang jadi lawan terakhirnya di fase grup memiliki pertahanan yang tidak terlalu bagus. Dari 4 laga yang telah dijalani, tim asuhan Lee Taehoon itu telah kebobolan delapan gol dari empat pertandingan.

Kamboja mengalami tiga kekalahan dan sekali menang yang membuat mereka dipastikan gagal melaju ke semifinal. Hingga matchday keempat, Kamboja berada di posisi keempat Grup A dengan raihan tiga poin dari sekali menang dan tiga kali kalah.

Kekalahan terbesar Kamboja di ajang ini diraih pada matchday keempat kala bersua Myanmar yang berakhir dengan skor 1-4. Dua kekalahan lainnya diderita dari Vietnam (1-0), dan Timor Leste (2-1). Melihat catatan tersebut, Bagus Kahfi diprediksi akan menjadi pemecah rekor sebagai pencetak gol terbanyak di ajang Piala AFF U-16.

Baca juga artikel terkait PIALA AFF U-16 2018 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan