Bagian Interior Mobil yang Harus Dibersihkan Agar Terlihat Baru

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 2 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah beberapa bagian interior mobil yang harus dibersihkan untuk menjaga kenyamanan berkendara.
tirto.id - Tidak hanya mesin mobil dan penampilan luarnya saja yang harus dirawat, bagian lain yang perlu dirawat adalah interior mobil. Dengan interior yang baik, kendaraan akan terasa nyaman dipakai untuk menunjang perjalanan. Di sisi lain, setiap pemilik mobil pasti ingin kendaraannya bersih, terawat dan terlihat baru setiap saat.

Gear Patrol menulis, akan ada kepuasan tersendiri yang timbul dari menjaga tampilan mobil tetap bersih seperti baru. Berikut adalah beberapa bagian interior mobil yang harus dibersihkan untuk menjaga kenyamanan berkendara, seperti dilansir dari laman Nissan:

1. Karpet

Pada umumnya, karpet kerap menyimpan berbagai jenis kotoran termasuk debu, tanah, pasir, dan sebagainya, yang terbawa oleh alas kaki. Namun, karpet mobil biasanya dilapisi alas kaki yang terbuat dari bahan karet dan mudah dilepas atau dikeluarkan sehingga mudah dibersihkan.

Untuk membersihkannya, Anda hanya perlu mencucinya dengan sabun lalu disikat dan dikeringkan. Sementara untuk karpet yang tidak dapat dikeluarkan, Anda dapat membersihkannya dengan penyedot debu.

2. Dashboard

Dashboard merupakan salah satu interior mobil yang paling mudah terlihat kusam dan kotor. Oleh karenanya, bagian ini perlu dibersihkan secara berkala.

Pertama, bersihkan debu dan kotoran yang menempel di permukaan dashboard dengan kemoceng. Untuk bagian yang sulit dijangkau, gunakan kuas kecil.

Setelahnya, gunakan air hangat atau cairan pembersih khusus dan gosok permukaan dashboard secara merata. Lap bagian yang basah dengan kain khsus hingga kering, lalu oleskan cairan anti UV untuk memberikan perlindungan dan membuatnya mengkilap.

3. Jok

Untuk menjaga kebersihannya, cara paling mudah yang dapat dilakukan adalah dengan melapisinya dengan seat cover. Namun, Anda pun perlu memperhatikan perawatan pelapis jok tersebut agar tetap dalam kondisi baik.

Seperti dilansir Ace Hardware, jok dapat dibersihkan dengan menggunakan lap kering, sikat gigi yang tidak terpakai, dan pengisap debu.

4. Plafon

Bersihkan plafon, atau bagian atas mobil, dengan menggunakan lap yang tidak terlalu basah. Hal ini dapat dilakukan untuk menghilangkan kotoran dan debu yang bersarang. Setelahnya, lap plafon dengan kain kering yang bersih.

5. Tambahkan pengharum kabin

Setelahnya, tambahkan pengharum kabin khusus mobil untuk menambah aroma menyegarkan di dalamnya. Kemudian, pilih pengharum yang tidak memiliki aroma menyengat untuk menghindari efek pusing yang bisa mengganggu kenyamanan.


Baca juga artikel terkait JOK MOBIL atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight