Bahasa Indonesia

Bagaimana Hubungan Antarunsur dalam Buku Fiksi dan Nonfiksi?

Oleh: Alexander Haryanto - 27 Agustus 2021
Dibaca Normal 1 menit
Berikut langkah-langkah menelaah hubungan antarunsur buku fiksi dan nonfiksi.
tirto.id - Ada cara atau langkah-langkah yang bisa dipakai untuk menelaah hubungan antara unsur-unsur buku fiksi/nonfkisi. Buku fiksi adalah jenis buku yang di dalamnya berisi cerita rekaan, khayalan, atau sesuatu yang bukan kenyataan.

Sementara buku nonfiksi adalah sebaliknya. Apabila karya yang dihasilkan dalam buku fiksi bersumber dari imajinasi penulis, maka buku non-fiksi berisi peristiwa atau kejadian faktual, nyata. Baik di dalam buku fiksi dan nonfiksi, ada unsur-unsur tertentu yang saling menghubungkannya.

Berikut langkah-langkah menelaah hubungan antarunsur buku fiksi dan nonfiksi seperti dilansir dari buku Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX oleh Tim Ganesha Operation.


1. Langkah-langkah Menelaah Hubungan Antarunsur Buku Fiksi

Untuk menelaah hubungan antarunsur dalam buku fiksi maka perlu mencari hubungan antara unsur intrinsik dan sampul buku. Caranya, amati tokoh atau latar yang terdapat dalam isi cerita, lalu amati gambar pada sampul buku. Apakah gambar sampul mencerminkan isi bukunya?

Selain itu, bisa juga dengan mencari hubungan antara unsur intrinsik dan rincian subbab (daftar isi). Caranya dengan mengamati daftar isi buku, kemudian alurnya. Apakah daftar isi mencerminkan alur cerita secara garis besar?



Kemudian, mencari hubungan antara unsur intrinsik dengan penggunaan bahasa. Caranya, amati bahasa yang dipakai para tokoh, terutama dialognya. Lalu amati penggunaan bahasa dalam penulisan cerita secara keseluruhan. Gaya bahasa apa yang dipakai penulis?


2. Langkah-langkah Menelaah Hubungan Antarunsur Buku Nonfiksi

Untuk menelaah hubungan antarunsur buku nonfiksi, terlebih dahulu mencari hubungan antara sampul buku dan isi buku. Pahami informasi atau pengetahuan yang diuraikan dalam buku itu, kemudian amati gambar pada sampul buku. Apakah gambar pada sampul buku mencerminkan isi bukunya?

Setelah itu, mencari hubungan antara isi buku dan daftar isi. Pahami informasi atau pengetahuan dalam buku tersebut, kemudian amati daftar isi buku. Apakah daftar isi mencerminkan pengetahuan yang terdapat dalam buku secara garis besar?

Hubungan antara daftar isi dan sistematika penulisan: pahami daftar isi buku, kemudian amati sistematika penulisan buku. Apakah daftar isi memudahkan pembaca untuk menemukan kata pengantar, daftar isi, uraian isi buku, daftar pustaka, glosarium, dan indeks?

Terakhir adalah hubungan antara isi buku dan penggunaan bahasa. Pahami informasi dan pengetahuan yang diuraikan dalam buku, kemudian amati penggunaan bahasa. Gaya bahasa apa yang dipakai dalam menyampaikan informasi?


Baca juga artikel terkait BUKU FIKSI atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Alexander Haryanto
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight