Bagaimana Cara Share Screen pada Aplikasi Zoom Saat Meeting Online?

Oleh: Syamsul Dwi Maarif - 11 April 2021
Dibaca Normal 3 menit
Pada Zoom terdapat sebuah fitur bernama Sharing Screen atau membagikan tampilan dari desktop kepada partisipan lainnya.
tirto.id - Penerapan physical distancing karena pandemi COVID-19 masih berlaku pada 2021. Kegiatan belajar mengajar dan bekerja pun masih harus dilakukan dari rumah.

Untuk menunjang kegiatan tersebut dibutuhkan sebuah aplikasi konferensi jarak jauh, salah satunya yang cukup populer adalah Zoom.

Zoom adalah aplikasi konferensi video yang dapat diakses pada perangkat ponsel maupun komputer. Pada Zoom terdapat sebuah fitur bernama Sharing Screen atau membagikan tampilan dari desktop kepada partisipan lainnya.

Dalam konferensi video virtual, fitur ini sangat bermanfaat. Peserta dapat berbagi layar secara bersamaan selama rapat ke peserta lainnya.

Cara Share Screen pada Zoom

Dikutip dari laman Zoom Help Center, adapun langkah-langkah dan cara Share Screen sebagai berikut:

A. Berbagi Layar atau Konten Anda

1. Klik tombol Share Screen (Bagikan Layar) yang terletak di kontrol rapat Anda.

2. Pilih salah satu opsi berbagi layar ini:

- Basic

Berbagi seluruh desktop Anda, jendela aplikasi tertentu, papan tulis, atau layar iPhone/ iPad.

Catatan:

Pengguna dapat memilih beberapa program desktop sekaligus, daripada membagikan seluruh desktop mereka. Hanya pengguna yang menggunakan fitur ini yang perlu menggunakan versi 5.4.3 atau lebih tinggi, sementara pemirsa dapat terhubung dengan versi yang lebih lama. Tahan tombol Shift di macOS atau tombol Ctrl di Windows untuk memilih lebih dari satu aplikasi.

- Advanced

Slides/Powerpoint as Virtual Background yaitu memungkinkan Anda untuk menggunakan presentasi slideshow sebagai latar belakang virtual Anda, memberikan presentasi yang lebih imersif.

Portion of Screen: bagikan sebagian layar Anda yang diwakili oleh garis tepi hijau. Perbatasan dapat disesuaikan sesuai kebutuhan selama berbagi dengan mengklik dan menyeret sisi atau sudut mana pun.

Computer Audio: hanya bagikan audio komputer Anda (speaker yang Anda pilih di pengaturan audio). Pilih panah bawah tepat di sebelah kanan opsi Audio Komputer untuk melihat opsi audio dan beralih antara opsi audio Mono dan Stereo (kesetiaan tinggi).

Video: berbagi konten video yang disimpan secara lokal melalui pemutar video asli Zoom.

Content from 2nd Camera: berbagi kamera kedua yang terhubung ke komputer Anda, misalnya, kamera dokumen atau kamera terintegrasi di laptop Anda.

- Files

Berbagi file dari layanan berbagi pihak ketiga seperti Google Drive atau Microsoft OneDrive. Ikuti petunjuk di layar untuk masuk ke layanan pihak ketiga dan berikan akses Zoom.

Catatan:

Opsi ini mungkin dinonaktifkan oleh admin akun, jadi opsi yang tersedia mungkin berbeda-beda.

Cara lainnya, Anda dapat membuka file di browser web, lalu membagikan jendela browser. Misalnya, untuk membagikan Google Dokumen, buka Dokumen di Chrome, lalu bagikan jendela Chrome. Hasil akhirnya sama dengan menggunakan opsi berbagi di tab File.

3. (Opsional) aktifkan fitur ini, yang terletak di pojok kiri bawah jendela berbagi:

Share sound (bagikan suara): jika Anda mencentang opsi ini, suara apa pun yang diputar oleh komputer Anda akan dibagikan dalam rapat. Pilih panah bawah tepat di sebelah kanan opsi Bagikan Suara untuk beralih antara opsi áudio Mono dan Stereo (kesetiaan tinggi).

Optimize for video clip (optimalkan untuk klip vídeo): centang ini jika Anda akan berbagi klip video dalam mode layar penuh. Jangan centang ini sebaliknya, karena dapat menyebabkan layar yang dibagikan menjadi buram.

4. Klik Share (Bagikan).

Ketika proses berbagi dimulai dan 80 persen perangkat mengakui menerima layar bersama, Anda akan melihat spanduk pemberitahuan yang menyatakan Peserta sekarang dapat melihat layar yang Anda bagikan, atau apa pun yang Anda pilih untuk dibagikan.

Catatan:

Zoom secara otomatis akan beralih ke layar penuh untuk mengoptimalkan tampilan layar bersama. Untuk keluar dari layar penuh, klik Exit Full Screen di pojok kanan atas atau tekan tombol Esc.

Untuk menonaktifkan layar penuh otomatis saat melihat layar bersama, sesuaikan ukuran Jendela saat perilaku berbagi layar di pengaturan klien desktop Anda.

Jika Anda memilih Content from 2nd Camera, klik Switch Camera di pojok kiri atas untuk mengganti kamera bersama.


B. Bagikan Menu Layar

Saat Anda mulai berbagi layar, kontrol rapat akan berpindah ke menu yang dapat Anda seret di sekitar layar Anda.

Catatan:

Beberapa opsi yang dirinci di bawah ini mungkin tidak terlihat karena pembatasan admin akun atau fitur tersebut hanya terlihat oleh penyelenggara rapat atau rekan tuan rumah.

- Mute/Unmute: bisukan atau nyalakan mikrofon Anda.

- Start/Stop Video: memulai atau menghentikan video dalam rapat Anda.

- Security: mengakses opsi keamanan dalam rapat.

- Participants: melihat atau mengelola peserta (jika tuan rumah). Klik panah bawah untuk mengakses Undang, di mana Anda dapat mengundang orang lain untuk bergabung dalam rapat.

- Polling: memungkinkan Anda untuk membuat, mengedit, dan meluncurkan polling Anda. Opsi untuk membuat atau meluncurkan polling akan membuka portal web Zoom di browser default Anda. Saat polling ditutup, Anda dapat melihat hasilnya dan men-download laporan polling lengkap. Jika polling telah dibuat, baik tuan rumah maupun rekan tuan rumah dapat meluncurkan pemungutan suara, tetapi hanya tuan rumah yang dapat mengedit atau menambahkan pemungutan suara ke rapat.

- New Share: mulai berbagi layar baru. Anda akan diminta untuk memilih layar mana yang ingin Anda bagikan lagi.

- Pause Share: menjeda layar yang Anda bagikan saat ini.

- Annotate: menampilkan alat anotasi untuk menggambar, menambahkan teks, dll.

- More: arahkan kursor ke atas untuk opsi tambahan.

C. Menampilkan Jendela Zoom Selama Berbagi Layar

Secara default, jendela Zoom tidak dibagikan saat berbagi layar Anda. Menampilkan jendela Zoom selama berbagi layar dapat berguna jika peserta membantu Anda menggunakan Zoom.

1. Masuk ke portal web Zoom.

2. Di menu navigasi, klik Pengaturan (settings).

3. Di bagian dalam rapat (Basic), pastikan tampilkan jendela Zoom selama berbagi layar diaktifkan. Pengaturan ini akan memungkinkan pengaturan untuk muncul di klien desktop.

4. Keluar dari klien desktop Zoom dan masuk kembali. Atau, Anda dapat keluar dari klien dan membukanya kembali.

5. Klik gambar profil Anda lalu klik Pengaturan.

6. Klik tab Share Screen dan pastikan Show Zoom windows selama screen share diaktifkan.

D. Menggunakan Monitor Ganda

Jika menggunakan pengaturan monitor ganda, Anda dapat mengaktifkan fitur monitor ganda untuk melihat berbagi layar di satu monitor dan peserta di monitor kedua.

Catatan:

Pada Mac OS 10.15 Catalina, Anda perlu mengizinkan akses Zoom ke perekaman layar untuk berbagi layar Anda. Anda dapat melakukan ini di System Preferences. Pilih Security & Privacy pilihan, klik Privacy tab, gulir ke bawah untuk Screen Recording dan akhirnya memeriksa pilihan untuk zoom.us.


Baca juga artikel terkait ZOOM atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Ibnu Azis
DarkLight