Bagaimana Cara Mengatasi Rambut Mengembang?

Kontributor: Permadi Suntama, tirto.id - 23 Sep 2022 08:41 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Beberapa cara untuk mengatasi masalah rambut mengembang di antaranya biarkan rambut kering secara natural hingga gunakan sisir bergigi jarang.
tirto.id - Rambut mengembang kadang kala menjadi masalah yang ingin dihindari oleh sebagian orang. Pasalnya, masalah tersebut pada beberapa orang bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri serta sulit untuk ditata.

Selain itu, rambut mengembang juga menjadi pertanda bahwa rambut Anda mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan kelembapan rambut mulai hilang, yang disebabkan lapisan terluar atau kutikula terangkat.

Sebelum kondisinya semakin parah, segera lakukan perawatan secara teratur. Terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan secara mandiri dan tidak memerlukan biaya yang mahal.

Berikut ini adalah sejumlah tips bagi Anda yang ingin mengatasi masalah rambut mengembang,

1. Keramas secara teratur

Cara yang paling mudah untuk mengatasi rambut mengembang adalah melakukan keramas secara teratur. Meskipun keramas menyebabkan sebum alami di kulit kepala terangkat, keramas menjadi bagian yang dianjurkan untuk mengatasi rambut mengembang.

Agar kelembapan rambut tetap terjaga, gunakan air dingin. Pasalnya, penggunaan air hangat dapat menyebabkan minyak alami yang terangkat semakin banyak sehingga rambut terasa kasar dan mengembang.

2. Gunakan sisir bergigi jarang

Penggunaan sisir yang salah juga dapat menyebabkan kerusakan rambut, seperti rambut mengembang. Sebab, saat rambut masih basah, gunakan sisir bergigi jarang untuk merapikannya.

Cara ini membuat rambut mudah terurai, dan mengurangi resiko rambut patah dan rontok. Apabila rambut masih kusut, gunakan jari untuk mengurainya.

3. Biarkan rambut kering secara natural

Menggunakan hair dryer saat rambut masih basah berisiko membuat rambut semakin mengembang. Oleh karena itu, sebaiknya biarkan rambut mengering secara alami setelah keramas.

Agar lebih bagus, gunakan vitamin rambut atau serum dan angin-anginkan rambut supaya kering secara natural. Saat rambut sudah kering, gunakan hair dryer untuk merapikannya dan membuat rambut kering sempurna.

4. Lakukan deep-conditioning seminggu sekali

Cara mengatasi rambut mengembang selanjutnya adalah melakukan deep-conditioning, menggunakan produk kondisioner yang lebih kuat dari kondisioner biasa.

Umumnya, kondisioner ditujukan merawat rambut pada permukaan hingga ujung rambut. Karenanya, dibutuhkan kondisioner yang dapat merawat rambut hingga ke pangkalnya.

Berbeda dengan kondisioner biasa yang dilakukan secara rutin setelah keramas, deep-conditioning hanya perlu dilakukan seminggu sekali. Agar hasilnya maksimal, lakukan deep-conditioning dengan benar.

Jika kondisioner biasa membutuhkan waktu 1-3 menit untuk meresap, produk deep-conditioning, biasanya membutuhkan waktu 10-30 menit untuk meresap ke dalam rambut.

Penyebab rambut mengembang



Selain cara mengatasi rambut mengembang, sebaiknya Anda juga mengetahui penyebab rambut mengembang. Hal tersebut supaya Anda dapat mencegah rambut menjadi mengembang kembali.

Dilansir dari laman Hadviser, beberapa penyebab rambut mengembang pada umumnya adalah sebagai berikut.

1. Kebiasaan makan

Apabila seorang wanita tidak mengonsumsi cukup nutrisi untuk membangun rambut sehat dari dalam. Hal tersebut dapat menyebabkan rambut lemah dan kering yang mengembang.

2. Masalah kesehatan

Gangguaan hormonal dan beberapa penyakit lain yang terkait dengan produksi atau masalah penyerapan minyak alami rambut, dapat menyebabkan rambut kering dan mengembang.

3. Gesekan

Saat mengikat rambut terlalu kencang, dan atau penggunaan pernak-pernik lainnya dapat menyebabkan gesekan yang merusak kutikula. Karenanya, sebaiknya tidak terlalu sering mengikat rambut karena dapat menimbulkan kerusakan.

4. Panas matahari

Terlalu sering berada di bawah sinar matahari, atau tempat yang panas dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan rambut. Hal ini juga dapat menyebabkan rambut menjadi keriting dan kasar.

5. Bahan kimia

Masalah ini dapat timbul dari penggunaan pewarna rambut yang terlalu sering. Selain itu, berenang di air yang menggunakan kaporit, juga bisa menimbulkan masalah rambut mengembang.

6. Keramas yang berlebihan

Membersihkan rambut dengan shampo, juga dapat merusak rambut apabila dilakukan secara berlebihan. Terlebih jika shampo yang digunakan tidak sesuai dengan kulit kepala Anda.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight