Ramadhan 2021

Bagaimana Cara Melakukan Silaturahmi Online di Masa Pandemi?

Oleh: Abdul Hadi - 6 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Cara silaturahmi online, silaturahmi lebaran secara online di masa Pandemi Covid-19.
tirto.id - Kendati ada larangan mudik pada lebaran tahun ini, namun kegiatan silaturahmi Hari Raya Idulfitri tetap bisa dilanjutkan via daring.

Aktivitas bermaaf-maafan tetap bisa dilakukan tanpa harus bertemu langsung, bersalaman, atau berpelukan.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa mengenai aturan ibadah Ramadhan di masa pandemi Covid-19, termasuk tata cara melakukan silaturahmi.

Tujuan aturan dan fatwa tata cara ibadah Ramadan bertujuan untuk mengurangi penyebaran pandemi Covid-19 yang masih belum mereda di Indonesia.

Dalam fatwa MUI No. 24 Tahun 2021 disebutkan bahwa silaturahmi dapat dilakukan melalui media virtual. Jika tahun ini tidak bisa pulang kampung, silaturahmi secara daring dapat menjadi solusi hal tersebut.

Bagaimana cara dan tips melakukan silaturahmi secara daring? Laman Antara memberikan beberapa panduan sebagai berikut:

1. Silaturahmi melalui panggilan video

Cara silaturahmi daring yang tak boleh terlewatkan adalah dengan melakukan panggilan video, terutama pada keluarga dekat dan orang-orang tersayang.

Jika Anda bermaksud melakukan panggilan video dengan satu atau maksimal empat orang, Anda dapat melakukannya melalui WhatsApp. Caranya juga tergolong mudah dan nyaris semua orang memiliki aplikasi ini.

Sementara itu, kalau silaturahminya ingin dilakukan dalam kapasitas besar, baik itu dengan kolega kerja atau keluarga besar, Anda dapat melakukannya melalui Google Meet atau Zoom. Kedua aplikasi tersebut menyediakan fasilitas untuk peserta dalam jumlah besar.

2. Kartu lebaran digital

Melalui media sosial, Anda dapat mengirimkan kartu lebaran secara digital. Saat ini, tersedia pelbagai aplikasi kartu lebaran di Play Store gawai Android atau Apple Store.

Biasanya, aplikasi tersebut menyediakan format ucapan lebaran tertentu dengan bingkai beragam, seperti gambar masjid, beduk, ketupat, dan lain sebagainya. Anda juga dapat menyisipkan foto, menghiasnya dengan teks, serta ikon-ikon yang tersedia.

3. Stiker media sosial

Cara yang lebih populer bersilaturahmi secara daring adalah dengan saling kirim stiker ataupun GIF di aplikasi media sosial.

Aplikasi seperti WhatsApp atau Instagram biasanya menyediakan stiker hari raya untuk dibagikan ke kolega atau keluarga.

Tidak hanya itu, saat ini tersedia sejumlah aplikasi untuk membuat stiker sendiri sesuai keinginan Anda. Foto-foto keluarga dapat diedit sedemikian rupa hingga menjadi stiker lebaran.

Sebenarnya, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk bersilaturahmi daring, sesuai dengan kreativitas Anda. Sebagai misal, Anda dapat mengepos story di Instagram atau WhatsApp, dan lain sebagainya.

Tujuan silaturahmi adalah untuk mempererat persaudaraan dan saling bermaafan. Kendati pengerjaannya tidak langsung bertatap muka, namun maksud dari silaturahmi dapat tercapai kendati hanya dilakukan secara daring.



Baca juga artikel terkait SILATURAHMI ONLINE atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Dhita Koesno
DarkLight