Badminton Asia Championships 2018: Tontowi/Liliyana ke Semifinal

Oleh: Fitra Firdaus - 27 April 2018
Dibaca Normal 1 menit
Ganda campuran Indonesia sekaligus unggulan pertama Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir lolos ke semifinal Badminton Asia Championships 2018.
tirto.id - Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir lolos ke semifinal Badminton Asia Championships (BAC) 2018 di Wuhan, Cina. Pada babak 8 besar, Tontowi/Liliyana berhasil menghempaskan He Jiting/ Du Yue dalam drama tiga gim.

Berdasarkan pantauan dalam laman resmi Federasi Badminton Dunia (BWF), Tontowi/Liliyana membuktikan kualitas mereka sebagai unggulan pertama dalam BAC 2018. Unggul 21-11 pada gim pertama, Owi dan Butet mendapatkan tekanan 9-21 di gim kedua. Namun akhirnya gim penentuan dituntaskan dengan skor 21-10.

Pada gim pertama, Tontowi/Liliyana sempat dipaksa bermain ketat oleh Jiting/Yue. Kedudukan imbang terjadi dari skor 1-1 hingga 2-2. Bahkan, Owi dan Butet kemudian tertinggal 23. Namun, ganda Indonesia mencetak 10 poin beruntun untuk keunggulan 12-3.

Selisih setelak itu memudahkan Tontowi dan Liliyana menggenggam arus di gim pertama. Mereka menambah lima angka beruntun untuk skor 17-4. Meskipun kemudian mendapatkan sedikit tekanan, ganda Indonesia menutup gim ini dengan skor 21-11.


Situasi berbeda terjadi pada gim kedua. Tontowi/Liliyana sempat unggul 1-0. Namun, Jiting/Yue membalikkan kedudukan menjadi 1-3. Sejak saat itu, Owi dan Butet seperti bermain dalam bayang-bayang penampilan mereka di gim pertama. Sebaliknya pasangan Cina bisa mendapatkan rentetan poin dengan mudah untuk skor 4-10.

Dominasi duo Cina berlanjut ketika mreka menyabet tujuh angka beruntun untuk kedudukan 6-17. Upaya apapun dari pasangan Indonesia sudah terlambat. Mereka tidak bisa mengelakkan diri dari kekalahan 9-21 di gim kedua, sehingga harus melewati gim ketiga sebagai penentuan.

Tontowi dan Liliyana tampak sengaja membuang gim kedua yang sudah sulit mereka menangi. Buktinya, pada gim terakhir, Owi dan Butet hanya sempat bermain ketat dalam kedudukan 2-2. Setelahnya, pasangan Indonesia melaju dengan empat poin beruntun untuk keunggulan 6-2.

Tontowi/Liliyana terus melanjutkan dominasi mereka. Selisih bertambah jauh, disusul dengan keberhasilan mereka meraih tujuh poin beruntun untuk kedudukan 15-4.

Jarak yang semakin meluas tidak bisa dibendung oleh pasangan Cina. Upaya mereka mendesak hanya sampai pada posisi 20-9. Namun, satu angka terakhir untuk Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir didapatkan. Gim ketiga berakhir dengan keunggulan 21-10.

Lolos ke semifinal Badminton Asia Championships 2018, Tontowi/Liliyana akan berhadapan dengan pasangan Cina, Zheng Siwei / Huang Yaqiong. Duo yang merupakan unggulan kelima ini mengalahkan unggulan ketiga, Tang Chun Man/Tse Ying Suet (Hong Kong) dua gim langsung 21-8 dan 21-7.

Baca juga artikel terkait BADMINTON ASIA CHAMPIONSHIPS 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus