Ramadan 1439 H / 2018 M

Bacaan Niat Puasa Ramadan dan Jadwal Imsak Hari Ini

Oleh: Yulaika Ramadhani - 23 Mei 2018
Bacaan niat puasa Ramadan dan jadwal imsakiyah
tirto.id - Awal Ramadan 2018 atau 1 Ramadan 1439 Hijriah dimulai serentak. Pemerintah menetapkan awal Ramadan jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018.

Bulan Ramadan bukan hanya jadi kesempatan untuk memperbaiki pola makan, namun juga untuk menjaga kesehatan lahir dan juga batin. Sebagian dari kita menganggap bahwa hal terberat menjalani puasa adalah menahan lapar dan haus.

Namun, apakah benar menahan lapar dan haus ialah tantangan besar dalam berpuasa?

Menurut hasil survei 9APPS yang melibatkan 8.084 responden internet di Indonesia, menahan lapar dan haus saat puasa bukanlah tantangan yang besar. Dari survei itu terungkap, tantangan terbesar saat berpuasa justru menahan amarah.

Saat berpuasa, amarah merupakan hal yang dapat menyebabkan puasa menjadi batal. Mayoritas responden mengungkapkan penyebab utama mereka marah saat berpuasa adalah terjebak dalam kemacetan jalan.

Saat berpuasa, amarah merupakan hal yang dapat menyebabkan puasa menjadi batal. Mayoritas responden mengungkapkan penyebab utama mereka marah saat berpuasa adalah terjebak dalam kemacetan jalan.

Hal-hal tersebut diharapkan tidak menyurutkan semangat berpuasa kita dan kembali kepada niat kita dari awal: menunaikan kewajiban dan ibadah di bulan ramadan.

Berikut bacaan niat puasa Ramadan


نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona haadzihis-sanati lillahi ta'aalaa

“Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala.”


Bagi masyarakat atau wisatawan Jakarta yang berpuasa, informasi jadwal Imsak, Subuh, dan Magrib penting untuk diketahui, khususnya di lokasi yang jauh dari masjid atau ketika bepergian.

Untuk memudahkan, Tirto.id memberikan fitur pencarian jadwal Imsakiyah 1439H/2018M di seluruh kota dan kotamadya di Indonesia.


Infografik Jadwal Puasa ramadan 1439 H

Baca juga artikel terkait RAMADAN 2018 atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Gaya Hidup)


Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani